Cara Mudah Atasi Tubuh Lelah dan Masuk Angin - MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 28 November 2017

Cara Mudah Atasi Tubuh Lelah dan Masuk Angin

Mandi Sehat
Gb. Mandi Aroma

Sleman (Mediarakyat.co.id) - Seseorang memiliki rutinitas atau kesibukan diri masing-masing yang sering tidak memberi kesempatan pada tubuh untuk beristirahat sejenak. Oleh karena itu tubuh menjadi mudah lelah, stres, dan masuk angin. Hal ini dapat menghambat produktivitas seseorang dalam bekerja. Untuk mengatasinya mandi aroma daun jeruk serta ramuan madu dan garam adalah solusiya.

Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah pertama, siapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti; tiga gayung air, tiga helai daun jeruk nipis dan satu sendok makan garam dapur. Kedua, panaskan air hingga mendidh. Ketiga, sambil menunggu air mendidih, siapkan ember dan masukan daun jeruk dan garam kedalamnya. Keempat, setelah air mendidih biarkan air tetap dipanaskan selama 2-3 menit agar udara yang ditimbulkan karena penguapan dapat keluar dengan sempurna. Sehingga, ketika digunakan untuk mandi, udara yang tersisa tidak ikut masuk ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit yang terbuka akibat air hangat. Kelima, tuang air panas ke dalam ember yang telah disiapkan sebelumnya. Keenam, campurkan air biasa secukupnya hingga air panas menjadi hangat-hangat kuku. Air hangat aroma jeruk telah siap digunakan. 

Masuk Angin
Gb. Takaran Garam dan Daun Jeruk Nipis
Garam memiliki sifat netral. Jika dicampurkan ke dalam air hangat untuk mandi maka dapat membantu menetralkan tubuh yang lelah, melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku, dan menghilangkan energi negatif yang terdapat dalam tubuh. Apabila ditambahkan daun jeruk nipis yang memiliki kandungan ekstrak aroma yang terdiri dari berbagai jenis minyak aroma esensial diantaranya citrus dan sitroneral serta senyawa aktif kompferol, quercetin, rosmarinik, flafonoit, luteolin, dan apigenin maka akan menghasilkan aroma terapi sehingga tubuh kembali segar. 

Mandi ini sangat disarankan bagi anda yang tidak betah gerah dan ingin cepat-cepat mandi walau sudah malam hari. Mandi ini dapat diaplikasikan agar mencegah asam urat atau angin duduk. Beberapa rekan olahraga sangat suka mandi ini.
Kemudian, untuk memaksimalkan hasil mandi aroma daun jeruk nipis ini, ramuan madu dan garam dapat diaplikasikan. Pertama, masak 100cc air hingga mendidih. Pastikan air benar-benar matang agar tidak menimbulkan anyang-anyangan. Kemudian, siapkan beberapa bahan yakni satu sendok teh madu murni dan seperempat sendok teh garam. Berikutnya, letakan bahan-bahan tersebut kedalam gelas berukuran sedang. Pastikan gelas dan sendok yang digunakan tidak berbahan plastik. Karena plastik tidak baik digunakan dalam keadaan panas. Setelah air mendidih, tuang air panas tersebut kedalam gelas yang telah diberi bahan-bahan tersebut. Aduk ramuan tersebut dan diamkan hingga ramuan terasa hangat. Terakhir, minum ramuan selagi hangat. 

Mandi dengan aroma daun jeruk ini sebaiknya dilakukan seusai melakukan aktivitas. Dengan mandi ini, badan yang semula lelah akan segar kembali. Terlebih, dengan ramuan hangat madu dan garam, kesegaran yang ditimbulakan akan semakin lengkap. Selain dapat menambah hangat, aroma yang dihasilkan dari ramuan mandi serta ramuan madu dan garam ini dapat menenangkan pikiran yang penat akibat beraktivitas sehari-hari. Selamat mencoba. (NMD)