Launching Kelas Industri SMK Negeri 11 Semarang - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 21 Desember 2017

Launching Kelas Industri SMK Negeri 11 Semarang

launcing kelas
Sambutan Launching Kelas Industri SMK Negeri 11 Semarang


Semarang (Mediarakyat.co.id) - Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 mengenai Revitalisasi Pendidikan SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dalam rangka menjawab tantangan global dan peningkatan kualitas serta daya saing lulusan SMK. Inpres ini melibatkan 12 kementerian dan 34 gubernur serta Lembaga Non Pemerintah dan Industri. SMK Negeri 11 Semarang ditunjuk sebagai salah asatu proyek percontohan program ini.

Rabu (20/12) SMK Negeri 11 Semarang mengadakan laounching kelas industri, menjalin kerja sama dengan berbagai industri, salah satunya Suara Merdeka Grup. Kerja sama ditandai dengan penandatangan perjanjian nota kesepahaman oleh Direktur Produksi dan Teknologi Informasi (IT) Adi Susanto dengan Kepala SMK Negeri 11 Semarang Dr Samiran.

nota kesepahaman
Penandatanganan Perjanian Nota Kesepahaman

Disaksikan pula Manajer Produksi Suara Merdeka Koko Andika, Business Development Suara Merdeka Agus W., Ketua Badan Koordinasi Sertifikasi Profesi (BKSP) Jateng Hertoto Basuki, Kepala Seksi Kurikulum SMK Dinas Pendidikan Provinsi Jateng Dr Hari Wuljanto.

Selain itu juga dihadiri beberapa perwakilan industri dari PT Pura Barutama (Kudus), PT Trisakti Mustika Graphika (Semarang), PT Maju Jaya Sarana Grafika (Semarang), dan PT Temprina Media Grafika (Semarang).
Kepala SMK Negeri 11 Semarang, Samiran menuturkan, "Kami berupaya untuk melaksanakan program revitalisasi SMK yaitu melalui pembukaan kelas baru yaitu kelas industri,"  kata Samiran. Saat ini total ada 47 kelas reguler. Nantinya ada dua kelas industri. Dalam kelas industri nanti harus bekerja sama dengan pihak industri. Kelas ini akan diajar oleh guru kelas dan dari pihak industri. "Industri grafika tersebut akan memberikan materi pelajaran kepada siswa," imbuhnya.

Adapun, SMK Negeri 11 Semarang membuka empat jurusan, yakni Jurusan Animasi, Desain Grafika, Multimedia, dan Produksi Grafika. Dari empat jurusan tersebut, Samiran membuka dua jurusan yaitu Jurusan Desain Grafika dan Produksi Grafika di kelas industri. Kurikulum, telah disusun bersama antara guru dan industri. Dalam kelas industri akan diterapakan 50% praktik dan 50% teori. Pihaknya berharap dibukanya kelas industri ini akan mencetak lulusan SMK yang berkompeten, berkualitas, dan siap kerja. (Nikma Lailatul Qodar.Red)