Kesenian Jabor ikon Kulon Progo - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 03 Mei 2018

Kesenian Jabor ikon Kulon Progo



Kulon Progo (Mediarakyat.co.id) - Kesenian Jabor sebagai ikon Kulon Progo, yang harus kita lestarikan. Kebudayaan adalah suatu hasil karya cipta dan rasa manusia yang ada di masyarakat, sehingga membuahkan hasil suatu kreativitas sebagai perwujudan indrawiyah tolak ukur tingkah laku warga masyarakat, yang berujud seni. Seni budaya terdiri dari, seni klasik (tradisional) dan seni modern (kreasi baru). Seperti halnya kesenian Jabor, yang telah di lupakan di lingkungan masyarakat, khususnya  di desa banjar arum.     

Warudi, kepala desa Desa Banjar Arum yang telah menjabat selama 3 tahun ini di kenal sebagai sosok pemimpin yang peduli dengan seni budaya, dan peduli dengan bermacam-macam kegiatan di desa Banjar Arum, tuturnya kepada pers Mediarakyat.co.id di kantor desa Banjar Arum.   
   

Pria kelahiran 25 september 1958 ini juga mempunyai komitmen terhadap pembangunan ekonomi di wilayahnya dengan  meningkatkan PEADES (Pendapatan Asli Desa) di targetkan tahun 2019 bisa mencapai 500 juta, beliau juga membuat ruko dengan dana sekitar 800 juta, 1 sewa pertahun sekitar 10 juta per 1 ruko sedangkan ruko seluruhnya ada 9 ruko. Program ini di buat untuk meningkatkan pendapatan desa.          

Mengabdi diri menjadi pelayan masyarakat sebagai fasilisator dan motivator untuk membangun kemajuan ekonomi yang berbasis budaya demi terwujudnya desa yang maju dan Kulon Progo yang Binangun. Harapan ini yang beliau sampaikan demi mewujudkan Desa Banjar Arum yang mandiri, beriman dan bertaqwa sebagai dasar kemajuan desa, menjadi visi perjuangan Wahudi,  menjujung tinggi nilai budaya, norma adat sosial kemasyarakan dan norma hukum dengan kejelasan informasi dan tindakan persuasif kearifan lokal, kaitannya menuju tatanan masyarakat yang aman dan nyaman. Tandasnya mengakhiri bincang - bincang kepada pers. (ST)