Wisata Baru Kulon Progo Puncak Ngepoh Brajan - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 03 Mei 2018

Wisata Baru Kulon Progo Puncak Ngepoh Brajan



Kulon Progo (Mediarakyat.co.id) - Puncak Ngepoh yang terbentang di kecamatan Kalibawang ini memiliki pesona alam yang masih asri dan sejuk. Dengan potensi wisata alam seperti goa Kisgendo, puncak Suroloyo, tentunya kawasan ini menjadi rute perjalanan yang sangat menawan dan menantang bagi warga masyarakat pecinta wisata alam.                       

Parjono, pria kelahiran 13 november 1985 di dampingi Priyono, beliau beserta warga setempat yang jeli dalam membaca peluang untuk memperkenalkan potensi alam, khususnya wisata alam puncak Ngepoh. Meskipun wisata tersebut dikelola dengan mayoritas swadaya warga setempat dan kelompok (Pok Darwis), semangat dan kerja keras yang tinggi, Parjono sebagai ketua kelompok yang sebelumnya berprofesi sebagai buruh dan relawan mencoba untuk merubah nasib warga setempat  dengan menggeluti wisata puncak ngepoh, beliau berkeinginan mencegah penganguran, untuk memperbaiki ekonomi di lingkungan  tersebut supaya masyarakat bisa makmur.        
             

Dimulai dari babat alas sampai sekarang sekitar 1 tahun 6 bulan, karna keterbatasan dana, tempat wisata tersebut belum begitu  sempurna. Kebetulan dari UGM Yogjakarta memberikan pendampingan dan hibah selama 3 tahun  berupa fisik dan non fisik  untuk pengabdian ke masyarakat, bantuan non fisik berupa pengarahan dan sebagainya, sedangkan bantuan fisik ada dana hibah uang sebesar 7 juta  untuk membangun MCK serta bantuan material yaitu  peralon 700 meter beserta torennya.

Dengan adanya bantuan pralon dan torennya, masyarakat pucak Ngepoh tidak kesulitan untuk mendapatkan akses air. Parjono berharap dari Desa dan dinas pariwisata Kulon Progo bisa memberikan bantuan, serta lebih memperhatikan wilayah yang bernasib sama dengan Brajan. (ST)