Desa Serut Adakan Bersih Dusun - MediaRakyat19. com

Breaking

Sabtu, 24 Agustus 2019

Desa Serut Adakan Bersih Dusun

Suyono Kades Serut

Gunung Kidul (Mediarakyat.co.id) - Bersih dusun di desa Serut Kecamatan Gedangsari Kabupaten Gunung Kidul DIY berlangsung pada Senin Kliwon 29 bulan lalu. Demikian jelas Kades Serut, Suyono saat ditemui dikantornya.

Acara bersih dusun ini diikuti dari 6 pedusunan yang dipusatkan dibalai desa setempat yakni pedukuhan Serut, Kayoman, Rejosari, Lengkeng, Karangpadang dan Wangon.

Penjelasan Suyono sebenarnya Desa Serut ada 7 dusun, namun salah satu dusun Dawung setiap tahun sudah mengadakan bersih dusun sendiri.

Kades Suyono mengaku puas karena seluruh warga masyarakat mengikuti acara tersebut, terbukti setiap dusun menampilkan berbagai kesenian, antara lain campur sari, jathilan dari Kayoman "Turonggo Mudho Sakti" dibawah ketua saudara Susilo jathilan dari Rejosari "Turonggo Sakti" yang diketuai saudara Agus Subardo.

Adapun puncak acara dibalai desa ini dipentaskan Wayang Kulit semalam suntuk dengan dhalang Ki Suratmo Gudel dari Klaten.

Adanya bersih dusun ini dimaksudkan untuk menjalin silaturahmi dan kebersamaan warga masyarakat dan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Demikian jelas Suyono. (Adn/Bdn)