Al Muhtadin Adakan Pengajian Akbar Jelang Tahun Baru 1441 Hijriah - MediaRakyat19. com

Breaking

Minggu, 08 September 2019

Al Muhtadin Adakan Pengajian Akbar Jelang Tahun Baru 1441 Hijriah

Ust. Muhammad Jazari SAg

Bantul (MediaRakyat.co.id) -
Bertempat di lapangan depan Masjid Al Muhtadin Pedukuhan Karangbendo, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Kabupaten Bantul digelar pengajian akbar dalam rangka menyambut datangnya tahun baru Hijriah pada bulan Muharam 1441 hijriah. Dengan penceramah Ust. Muhammad Jazari SAg bersama rombongan seni dari Kulon Progo. Demikian disampaikan Ketua Yayasan Al Muhtadin, Drs. H. Muhammad Masykur ketika menyampaikan pidatonya saat acara berlangsung pada Sabtu Pon 31 Agustus lalu.

Selanjutnya dalam acara ini ia menerangkan bahwa; pengajian akbar selain dihadiri dari ummat Islam dilingkungan masjid setempat juga dari ummat Islam pedukuhan tetangga. Dengan tema menyambut datangnya tahun baru, oleh panitia mengundang penceramah untuk memberikan tauziiahnya agar disampaikan makna datangnya tahun baru tersebut diharapkan dapat meningkatkan ketaqwaan, keimanan, dan pengamalan ditahun yang akan datang meningkat lebih baik. 

Selanjutnya, penceramah saat menyampaikan tauziahnya dengan memakai wayang kulit bersama rombongannya mengambil cerita dalam pedhalangan diambilkan dari negara Ngalengko Dirojo dengan kerajaan Lokopolo. Saat Prabu Donorojo putera Begawan Wisrowo dari Lokopolo ingin melamar dewi Sukesi puteri Prabu Somali. Namun saat dilamar  dewi Sukesi terhadap siapapum pelamar,  minta penjabarannya "Wedharing Adji Sastro Jindro Hayuningrat Pangruwating Diyu". 

Dalam cerita ini oleh penceramahnya juga dijelaskan satu persatu mengenai figur wayang yang  ditampilkan hubungannya dengan sikap perlilaku kehidupan manusia di alam raya ini. Terlihat dalam gambar saat Ustz. Jazari saat akan mengawali dakwahnya.(Adn/Bdn)