Tugimin - MediaRakyat19. com

Breaking

Sabtu, 26 Oktober 2019

Tugimin

Pantai Gesing Panjolo Mulyo Adakan Sedekah Laut

  
                              Tugimin


Gunungkidul (mediarakyat.co.id). Bertempat di pantai Gesing Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Propinsi DIY mengadakan sedekah laut yang ke-XV. Demikian disampaikan ketua nelayan Pantai Gesing, Tugimin, di sela-sela acara yang sedang berlangsung pada Sabtu (26 Okt.2019) lalu.
Acara ini dihadiri dari Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi DIY, Ketua DPRD Gunungkidul, Bupati Gunungkidul. Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab Gunungkidul, Forkopimcam Kecamatan Panggang, Kepala Desa Girikarto dan segenap masyarakat nelayan di pantai Gesing. Acara ini juga dimeriahkan dengan jathilan, dan campursari setempat.
Selanjutnya, berkaitan adanya sedekah laut ini, Tugimin, menerangkan disamping adanya kenduri, juga adanya larungan yang berwujud kain yakni; slendang, kemben, jarik kawung, baju sorjan yang berwarna hitam. Hal ini dilakukan sejak nenek.moyang hingga turun temurun sampai kepada anak cucu sekarang.
Hal ini dilakukan menurut Tugimin sebagai sarana untuk memohon kepada Sang Pencipta agar seluruh warga pantai Gesing yang melakukan aktivitas kesehariannya selalu mendapat bimbingan dan petunjuk agar selamat saat menjalankan aktivitasnya serta mendapat rezki yang melimpah ruah dan barokah. Disisi lain juga pengunjung yang datang di pantai Gesing mendapat keselamatan. Demikian harap Tugimin kepada Media Rakyat. (adn/bdn).