Sutarpan - MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 01 Oktober 2019

Sutarpan

TMMD ke-3 Masuk Desa Girisekar


Kades Girisekar, Sutarpan

Gunungkidul (mediarakyat.co.id). Bertempat di ruang Sutarpan, SIP. Kepala Desa Girisekar, Kecamatan Panggang,   Kabupaten Gunungkidul, Propinsi DIY  telah berlangsung pertemuan singkat dengan jajaran anggota Kodim Gunungkidul pada Senin Pon (30 Sept 2019).
Sutarpan, saat dihubungi  dalam  pertemuan singkat ini, pihaknya menjelaskan bahwa di desa Girisekar akan digelar bakti sosial TMMD Angkatan ke-3, dan rencana ini akan dilaksanakan selama satu bulan yang akan dibuka dan dimulai pada tanggal 2 Oktober  2019. Rencana pembukaan ini akan dilaksanakan di lokasi Tlogogede oleh Bupati Gunungkidul disaksikan oleh warga  masyarakat  dan jajaran terkait Forkopimda  Gunungkidul.
Sasaran TMMD selama 30 hari ini akan melaksanakan pengerasan jalan  di beberapa dusun di desa setempat yakni; Dusun Warak, Dusun Sawah, Dusun Mendak, Dusun Kijingan dan Jeruktelu. Semuanya akan menelan biaya sejumlah Rp. 300 juta. Sejumlah anggaran tersebut dari Pemprop DIY Rp. 75 juta, dan dari Pemkab Gunungkidul Rp.225 juta.
Ditengah maraknya TMMD melaksanakan bakti sosial di Desa Girisekar, Sutarpan, menambahkan bahwa desa yang ia pimpin akan melaksanakan kirab budaya dan rasulan. Rencana ini akan diselenggarakan pada Sabtu Pahing (19 Okt. 2019). Sebelum acara gelar budaya dilangsungkan rencananya pada Senin Kliwon (7 Okt.2019) akan diadakan pentas wayang kulit semalam suntuk dengan dhalang dari ISI Yogyakarta.
Adapun serangkaian gelar budaya tersebut disamping diadakan kenduri akan dipentaskan  beberapa kesenian, gejok lesung, dan dagelan.
Dengan digelarnya gelar budaya termasuk seni pedhalangan dan rasulan ini diharapkan memperkuat makna yang lebih dalam, karenanya bukan hanya sekedar hiburan tetapi  juga penanda perjalanan kehidupan spiritual yang lebih bermanfaat. Demikian harap pak Kades. (Adn/Bdn).