- MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 21 November 2019

Sunaryo Maju Cakades Desa Serut ; "Serut Sejahtera Masyarakat Luar Biasa"

       Sunaryo Calon Kades Desa  Serut


Gunungkidul (mediarakyat.co.id). Sunaryo yang berdomisili di Desa Serut, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY berkaitan dengan digelarnya pilkades di desa setempat, ia sudah resmi terdaftar sebagai kandidat yang ikut memperebutkan kursi kepala desa setempat.  Untuk itu saat dihubungi dikediamannya pada Kamis Kliwon (21 Nopember 2019) ia sedikit menyinggung mengenai penyampaian visi dan misi untuk Desa Serut sampai tahun 2025 mendatang, diantara visi dan misi tesebut antara lain;
Mengenai Visi;
Mewujudkan pendayagunaan sumberdaya manusia dan alam.
Mewujudkan pemerintahan desa yang effektif effisien dan profesional dalam menjalankan birokrasi.
Mewujudkan sikap sosial untuk kemajuan desa.
Mewujudkan keadilan dalam bertindak.
Mewujudkan penyediaan prasarana, sarana dasar yang nemadai, dan
Mewujudkan penyediaan kebutuhan dasar manusia.
Selanjutnya dalam penyampaian
Misi antara lain;
Menciptakan rasa ketenteraman dalam menjalankan Agama dengan menjaga toleransi dan saling menghormati dalam menjalankan ibadah sesuai  dengan agama dan keyakinannya.
Teruwujudnya pendidikan dasar 9 tahun bagi masyarakat dengan mengoptimalkan pendidikan PAUD, SD, SMP dan Kejar Paket A,B&C.
Terwujudnya kesehatan masyarakat dengan secara rutin memeriksakan /memperhatikan anak , bumil (ibu hamil) dan para lansia.
Menyiapkan pemuda yang tangguh tanggap dan terampil dengan sarana kegiatan olah raga yang memadahi.
Melestarikan kebudayaan dengan nguri uri budaya dikemas dan dikembangkan untuk wisatawan.
Memanfaatkan sumber daya alam untuk membangun kesejahteraan masyarakat dengan menggali potensi alam yang ada untuk menciptakan dan mengolah berbagai karya masyarakat dengan mengoptimalkan SDM putra daerah dan kerjasama dengan pihak ketiga untuk  menumbuhkembangkan potensi SDM yang ada di Desa Serut.
Membuat terobosan dan inovasi dalam memanfaatkan sumber daya alam desa Serut seperti membuat kandang komunikasi hewan  sapi dan kambing
Membuat pasar wisata jamu dan pengembangan batra (obat tradisional)  dari masing masing keluarga lewat lembaga desa menjalin kerjasama dengan perusahaan jamu tradisional.
Terciptanya pelayanan masyarakat yang memuaskan dengan senyum salam sapa sopan dan  santun cepat tepat dan tidak berbelit.
Menciptakan rasa handarbeni dan aman dalam menjalankan tugas pokok dan fungsiya dan sebagai pelayan masyarakat.
Menciptakan pemerintah desa dan daerah dengan baik dan mengacu pedoman perundang-undangan yang berlaku dengan jujur, tepat sasaran, transparan dan seperti program PTSL dengan target  yang lebih banyak dari sebelumnya sehingga perlu terobosanuntuk mendapatkan kepercayaan dari BPN
Menanamkan rasa gotong royong dalam masyarakat baik dalam kegiatan pribadi maupun masyarakat.
Meningkatkan solidaritas swasana yang kondusif sesama antar warga dan saling menghargai kepada orang lain.
Meningkatkan keswadayaan masyarakat dengan memberikan tenaga dan dana dalam membangun tanpa mengharapkan upah.
Menciptakan rasa keadilan dalam hak dan melaksanakan kewajibannya didalam pelayanan masyarakat dengan membangun tugas sesuai tupoksinya dan memberikan teguran dan peringatan sesuai dengan pelanggaran yang dilakukan.
Transparansi dalam mengambil dan memutuskan kebijakan pemerintah desa dengan tidak membeda bedakan berapa dalam status dan pemberian hak bagi mereka yang berhak.
Tersedianya kantor yang memadahi agar menimbulkan rasa nyaman dan aman dalam melayani masyarakat.
Tersedianya sarana olah raga bagi masyarakat sehingga masyarakat menjadi sehat.
Tersedianya peralatan dan perlengkapan kantor yang memadahi.
Tersedianya insfrakstruktur jalan yang baik sehingga memudahkan masyarakat dalam transportasi.
Terpenuhinya kebutuhan dasar manusia yaitu kesehatan, papan, air, dan sanitasi pembuangan dengan program mata air,  bedah rumah dan program MCK/BABS.
Demikian yang disampakan Sunaryo, ia berharap apabila diberi amanah oleh masyarakat untuk mimpin desa Serut, diakuinya tidak akan maju dan sejahtera kalau tidak ada kerja sama saling bersinergi dari seluruh komponen masyarakat dengan seluruh perangkat dan para lembaga desa yang ada di desa Serut. Demikian harapnya. (adn/bdn).