- MediaRakyat19. com

Breaking

Minggu, 15 Desember 2019

 Desa Pucanganom Inginkan Jadi Penyangga  Wisata yang Handal


Gunungkidul (media rakyat.co.id). Desa Pucanganom, Kecamatan Rongkop, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY ini mempunyai berbatasan sebelah timur Desa Semugih, sebelah barat Desa Gombang, sebelah selatan  Desa Petir dan sebelah utara Desa Bedoyo. Demikian disampaikan Kepala Desa Pucanganom terpilih yang diadakan pemilihan kepala desa Sabtu, 23 Nopember 2019 untuk yang keduakalinya, Surawan, dikediamannya pada  Kamis, 5 Desember 2019.
Lebih lanjut, Surawan, membeberkan keberadaan desa yang dipimpinnya memang belum punya obyek wisata, jadi sampai saat ini baru berpotensi penyangga obyek wisata. Maka dorongan yang keduakalinya ia menjabat kepala desa ini akan memfokuskan diantaranya mengenai; pertanian, memperbaiki  jalan yang rusak, mengusulkan perencanaan perbaikan RTLH ( Rumah Tidak Layak Huni). RTLH ini menurutnya saat ini ada 68 rumah, rencana yang mendapat persetujuan baru 20 rumah sekurangnya nanti berjenjang. Juga akan mencari terobosan dari luar desa untuk meringankan beban masyarakat terutama mengenai pengairan. Mengenai air untuk kebutuhan ke masing masing keluarga  sementara sudah terpenuhi dari Seropan, namun bila untuk pertanian belum bisa terpenuhi sementara mengharapkan air tadah hujan.
Diakuinya, bahwa kebanyakan masyarakat desa setempat kebanyakan bertani dan memelihara hewan ternak. Namun manakala musim kemarau tiba masyarakat desa setempat mayoritas urban sementara  ke kota-kota untuk mengkais rejeki dengan berjualan atau bekerja sesuai keahliannya masing masing. Dan, bila musim hujan tiba mereka pulang ke kampung halaman untuk menggarap pertaniannya. Demikian jelas Surawan kepada "MediaRakyat.co.id". (dan/bdn).