Ngadi, Lrh. Giri Panggung - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 19 Maret 2020

Ngadi, Lrh. Giri Panggung

Desa Giripanggung Maju Lomba Desa Mewakili Kecamatan Tepus


         Kepala Desa Giripanggung. Ngadi.


Gunungkidul (Media Rakyat.Co.id). Perlombaan antar desa yang mewakili dari masing-masing kecamatan se Kabupaten Gunungkidul putaran urutan yang ke 15 (Limabelas) di  Desa Giripanggung, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Acara ini dihadiri dari Team evaluasi perlombaan pemkab setempat yang dipimpin Sudjoko, SSos.MSi., dari Dinas P3AKBPMD, juga Forkopimcam Kecamatan  Tepus dan segenap para  tokoh lembaga masyarakat dan masyarakat desa Giripanggung. Demikian disampaikan Kepala Desa Giripanggung, Ngadi, sehabis acara berlangsung pada Rabo Pin (18 Maret 2020).
Dihadapan para team evaluasi perlombaan desa ini Kepala Desa, Ngadi, menyampaikan paparannya antara lain ada 3 (tiga) bidang yakni; bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, bidang kemasyarakatan.
Mengenai keadaan umum kewilayahan yang seluas 2012.3030 Ha, Ketinggian 300 dpl ini berbatasan: sebelah Utara berbatasan dengan Desa Candirejo Semanu; Sebelah  Selatan berbatasan dengan Desa Purwodadi, Tepus; sebelah Barat Sumberwungu, Tepus; sebelah Timur desa Botodayaan, Robgkop.
Adapun pembagian wilayah ada 14 Pedukuhan 15 RW, 60 RT. Jumlah penduduk tahun 2018, 6.444 jiwa. Jumlah Kepala Keluarga 1750 KK. Pada tahun 2019 jumlah penduduk 6.340 jiwa. Jumlah Kepala Keluarga tahun 2019, 1.774 KK.
Mengenai pekerjaan masyarakat pihaknya menyampaikan antara lain : petani ada 2.893; wiraswasta ada 503; buruh harian lepas ada 814; karyawan swasta ada 360; ASN ada 27; pensiunan ada 17; mengurus rumah tangga ada 225; perangkat desa ada 25; tidak bekerja 0, lain-lain 2 orang.
Sebenarnya masih banyak paparan yang harus disampaikan  dihadapan  team evaluasi lomba desa ini namun karena tiap personal sudah disuguhkan buku catatan kegiatan sehingga, maka penyampaian  paparannya dipersingkat, namun demikian diakuinya masih ada beberapa permasalahan yang belum diselesaikan akan tetapi ada upaya penyelesaian. Mengenai permasalahan antara lain : adanya sarana prasarana yang belum.memadahi; minimnya inovasi pertanian dan berkurangnya minat kerja di bidang pertanian; belum optimalnya pemanfaatan potensi desa baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia; masih adanya  rumah tangga miskin atau kurang  mampu. Adapun rencana  pemecahan permasalahan dimaksud yakni ; Dengan membangun sarana infrastruktur desa dengan APBDes; Meningkatkan kapasitas melalui kelompok tani; Melaksanakan program pelatihan-pelatihan dan peningkatan kapasitas; Melaksanakan program pemberdayaan masyarakat,; Penanggulangan kemiskinan dengan berbagi program pemberdayaan baik dengan APBDes, CSR Perusahaan, maupun dengan mengajukan usulan kegiatan ke Pemerintah Daerah dan Pusat.
Mengenai hasil lomba yang diberikan  dari Team peneliti akan memberi urutan ke berapa dipersilahkan namun bila untuk  maju lomba mewakili dari  kabupaten Gunungkidul kami segenap warga Giripanggung siap. Demikian harapan Pak Kades. (adn/bdn).