Iswandi, Lrh. Pampang - MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 11 Maret 2020

Iswandi, Lrh. Pampang

Desa Pampang Maju Lomba Desa  Tingkat Kabupaten  Mewakili Kecamatan Paliyan

               Kades Pampang: Iswandi, SE.

Gunungkidul (MediaRakyat.Co.id). Lomba desa bertempat di balai Desa Pampang, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY mewakili dari Kecamatan Paliyan maju lomba tingkat kabupaten. Acara ini selain dihadiri  dari tim penilai Pemkab Gunungkidul yang disepuhi Sudjoko,SSos,MSi.  juga dari Forkopimcam Kecamatan Paliyan dan segenap warga masyarakat. Demikian disampaikan Kades Pampang, Iswandi, SE. setelah acara berlanjut pada Senin Wage (9 Maret 2020).
Selanjutnya, Iswandi, dalam acara ini menyampaikan paparan  kepada tim penilai diantaranya mengenai batas wilayah dan kegiatan kegiatan dari tahun 2018. Adapun mengenai batas wilayah: sebelah utara berbatasan dengan Desa Pulutan Kecamatan Wonosari; sebelah Timur berbatasan dengan Desa Wareng Kecamatan Wonosari, Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Mulusan, Desa Karanganyar, Desa Sodo ketiganya termasuk Kecamatan Paliyan; dan sebelah Barat Desa Grogol Kecamatan Paliyan.
Desa.Pampang terdiri dari lima (5) pedukuhan yakni: Jetis, Polaman, Pampang, Kedongdowo Wetan dan Kedongdowo Kulon. Dari beberapa pedukuhan ini terbagi menjadi lima (5) RW, dan 23 RT.
Desa Pampang ini dengan mayoritas bekerja sebagai petani dan pekebun, mengenai inovasi desa ini diantaranya adanya jamu herbal dengan menggunakan lahan pekarangan, penjualan semongko berbasis  online, daur ulang sampah yang membantu peningkatan ekonomi, Jumat berkah yang bekerja sama baik pemerintah desa, babinsa dan Babinkamtibmas. Kader serta masyarakat.
Adapun mengenai pemberdayaan kesejahteraan keluarga adalah dengan memaksimalkan selain melaksanakann 10 program.PKK juga melakukan program unggulan PKK diantaranya: Melakukan gotong royong/ kerja bakti lingkungan; memanfaatkan lahan pekarangan untuk penanaman apotik hidup/ sayur mayur; penanaman bunga disepanjang jalan untuk mewujudkan lingkungan yang lestari; dan senam ibu- ibu dan senam lansia untuk meningkatan kesehatan masyarakat desa setempat.
Mengenai keamanan dan.ketertiban desa Pampang secara keseluruhan dalam keadaan kondusif,   hal  ini ditunjukkan dengan tidak adanya konflik sara, perkelahian, pembunuhan dan tindakan kriminal lainnya.
Mengenai pendidikan desa Pampang melaksanakan program kegiatan yang berkesinambungan dengan memfasilitasi pendidikan yakni; PAUD ada 1 (satu), Taman Kanak-kanak ada 2 (dua), Sekolah Dasar ada 2 (dua).
Adapun potensi unggulan desa Pampang adanya home   industri aneka makanan diantaranya: keripik piisang, keripik tempe, bakpia, dan lain lain. Industri rumah jamu yang semakin berkembang, kerajinan perak dan tembaga, serta beberapa warga  yang memiliki usaha jasa online.
Bidang pariwisata desa Pampang mempunyai dua lokasi yakni: Taman Bendowo dan Camping Ground.
Berkaitan dengan adanya lomba ini Kades Pampang Iswandi saat ditanya manakala diberi mandat untuk maju lomba tingkat propinsi pihaknya menyatakan siap, namun keberadaan lomba ini paling tidak menumbuhkembangkan potensi yang ada di Desa Pampang untuk lebih maju dan optimal melayani masyarakat. Demikian jelas Iswandi kepada Media Rakyat. (adn/bdn)