- MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 02 Maret 2020

Pertanian Desa Monggol Mengalami Kerusakan Akibat Diserang Kera

    Sekdes Monggol, Bayu Dwi Atmaka, SE.


Gunungkidul (MediaRakyat.Co.id). Pertanian di Desa Monggol, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY banyak mengalami kerusakan akibat di serang kera yang berbuntut panjang. Demikian disampaikan Sekretaris Desa, Bayu Dwi Atmaka,SE. di ruang kerjanya pada Kamis (20 Pebruari 2020).
Lebih lanjut Bayu menjelaskan dibeberapa pedukukan diantaranya; Mojosari, Selang, Ngelo, Bulurejo, Monggol dan Mendak  saat ini sangat prihatin dengan adanya hewan jenis  kera berekor panjang ini merusak tanaman para petani (jagung, kacang, ketela pohon. dll).

Jenis kera berekor panjang  ini cara  merusak tanaman di lahan pertanian menurut pengamatan Bayu adalah tidak mengenal waktu baik siang maupun malam, bahkan kalau siang sampai ada beberapa kera yang masuk rumah warga untuk mencari makan. Dan bila kera tadi masuk ke rumah warga hanya dihalau (Jw: digusah) dengan cara halus agar dia pergi.
Solusi untuk mengatasi kera berekor panjang itu menurut Bayu sampai sekarang belum ada alat yang jitu untuk membendung serangan kera berbuntut panjang, semuanya hanya pasrah kepada Sang Pencipta dan bersabar memohon kepadaNya semoga saat panen nantinya diberi tetap diberi hasil panen yang memuaskan. Demikian harap Bayu kepada Media Rakyat.Co.id (adn/bdn)