- MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 28 Juli 2020

Kapanewon Ponjong Rencanakan Potong 500 Kambing


       Akirno. MSi., Panewu Anom Ponjong

Gunungkidul (Media Rakyat.Co.id). Kapanewon Ponjong menghadapi Hari Raya 'Idul  Adha 1441 H/ 2020 M  merencanakan akan memotong kambing atau domba sejumlah 500 ekor. Dari jumlah  tersebut atas pemberian dari Pondok Pesantren Darul Tauhid  Cabang Yogyakarta, sedang pusat Ponpes Darul Tauhid tersebut berpusat di Bandung. Direncanakan satu hari sebelum jatuh  tempo hari raya tersebut  kambing   sudah sampai di Kapanewon Ponjong. Demikian disampaikan Panewu Anom Ponjong, Akirno,  MSi.   Diruang kerjanya pada 23 Juni 2020.
Selanjutnya Akirno menjelaskan bahwa sejumlah 500 kambing  tersebut tidak mungkin akan disembelih di kantor Kapanewon Ponjong namun akan dibagikan ke seluruh Pedukuhan di Kapanewon Ponjong.
Darul Tauhid Peduli Cabang Yogyakarta bekerjasama dengan Kapanewon Ponjong, akan menyelenggarakan Qurban Fest (Festival Qurban). Sebanyak 500 ekor domba yang akan tersebar di 119 Desa.
Rencana kambing  yang  akan datang yaitu pada hari  Minggu 2 Agustus dan akan dipotong pada tanggal bertepatan hari tasyrik yakni hari Senin, 3 Agustus 2020/13 Dzulhijjah 1441 H. Karena masing-masing Pedukuhan akan menerima empat (4) ekor kambing, maka  sisa dari jumlah tersebut yakni 24 ekor itu untuk lembaga lain yang ada  di wilayah Kapanewon Ponjong, seperti SLB, (Sekolah Luar Biasa) Ponjong, Pondok Pesantren ALMURTADHO dan Mushola 2 dan Masjid yang dirasa masih minim qurbannya.
Saran dari FORKOMPIMKAP, (Penewu, Kapolsek dan Danramil) untuk tetap menjaga Protokol Kesehatan, meminilisir perkumpulan masa, demikian juga dalam pelaksanaan mematuhi Edaran Bupati Gunungkidul  dan Kandepag, tentang  tata cara penyembelihan hewan qurban.
Mengenai pelaksanaan kegiatan qurban harus sesuai  mengedepankan aturan protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran pandemi Covid-19. Demikian terang Akirno kepada MediaRakyat.Co.id ( bdn/adn ).