- MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 28 Juli 2020

Lurah Pundongsari Inginkan Kerja Semangat  

               Tumin.,  Lurah Pundongsari

Gunungkidul ( MediaRakyat.Co.id ). Walau ditengah beredarnya pandemi Covid-19 , bertempat di Balai Kalurahan Pundongsari, Tumin, Lurah Kalurahan Pundongsari, Kapanewon Semin, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY tetap melaksanakan perintah atasan melantik dan mengambil sumpah/janji para pamong serta mengukuhkan staf pada pertengahan bulan Juni 2020 lalu. Demikian disampaikan Tumin di kediamannya yang sangat bersahaja dan familiar  pada Seloso (21 Juli 2020).
Adapun para staf pamong tersebut terdiri dari 7 pamong, tiga staf dan sepuluh (10) dukuh yang disaksikan jajaran Tripika Semin. Himbauan lurah kepada para terlantik berkaitan dengan keistimewaan Yogyakarta maka para pamong dan staf sebagai pemangku keistimewaan untuk meningkatkan semangat kinerja yang lebih istimewa.
Mengenai beredarnya pandemi Covid-19, Lurah  Tumin,  menerangkan bahwa:  masyarakatnya tidak ada yang terpapar Covid-19 wilayahnya zona hijau. Dan semua bantuan yang lewat Kalurahan, Kabupaten, Propinsi dan dari dinas terkait yang terdampak adanya pandemi sudah didistribusikan sesuai aturan.
Selanjutnya mengenai situasi  dan kondisi diwilayahnya aman dan kondusif. Dijelaskannya  bahwa masyarakat yang berjumlah l.k. 3400 jiwa  walau kondisi saat ini dalam melaksanakan aktivitas  harus mengikuti anjuran pemerintah, namun warga masyarakat tetap bekerja sesuai keahlian dan bakat masing-masing.
Lebih lanjut lagi, ia  menambahkan mengenai aktivitas keseharian para warga mayoritas adalah petani, bahkan diceritakannya mengenai pertanian terutama tanaman padi di Pedukuhan Sedono dengan luas lokasi  lebih kurang empat (4) hektar  kurun waktu satu tahun bisa tiga (3) sampai empat (4) kali panen padi. Lahan tanah disini konon cerita sejak dari  nenek moyang mereka kultur tanahnya humos mengandung air, bahkan beberapa tahun lalu  dikatakannya Menteri Pertanian pernah berkunjung di lokasi ini membuktikan  keberadaan di atas pegunungan  yang cukup tinggi ini bisa menghasilkan panen tiga sampai empat kali.
Juga masyarakat sebahagian memproduksi kerajinan bambu mengikuti tangga sebelah maksudnya Kalurahan Semin Kulon membuat anyaman bambu beraneka ragam. Ada sebahagian warga di Pedukuhan Karangwetan  memproduksi Krupuk Ati yang prosesnya dari bahan ketela yang di parut terus dilinting pakai daun pisang kemudian dikukus, setelah masak barang tersebut diiris-iris tipis-tipis kemudian di jemur. Beda lagi kalau di Pedukuhan Pundongsari sebahagian masyarakatnya memproduksi tahu  dan Kripik Singkong. Sedang ampas tahu (Jw: gembus) tersebut untuk pakan ternak sapi. Dari sekian produk lokal sementara belum menjangkau ke luar Kapanewon Semin.  Demikian  jelas Tumin kepada MediaRakyat.Co.id (bdn/adn)