- MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 02 September 2020

Musyawarah Kalurahan Giriwungu Prioritaskan Stanting

                 T u l u s, Lurah Giriwungu

Gunungkidul (Media Rakyat.Co.id).  Hasil musyawarah Kalurahan Giriwungu, Kapanewon Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY mengacu pada Program Nasional  Pemerintahan Jokowi Kalurahan Giriwungu ditunjuk sebagai pilot proyek memprioritaskan Stanting. Demikian disampaikan Tulus, Lurah Kalurahan Giriwungu di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Mengenai Stanting dijelaskannya, bahwa penanganannya sejak mulai dari remaja menginjak awal berkeluarga hidup berdampingan suami isteri selama 1000 hari atau 3 tahun harus selesai mulai dari   program ini ditetapkan. Adapun pendataan untuk mengambil skala prioritas secara rielnya baru akan dilaksanakan.
Sasaran Stanting ini adalah anak anak  balita. Anak balita yang turun berat badannya. Bumil ( ibu hamil ). Keluarga yang kurang mampu  sehingga tidak terpenuhi hal sanitasi.
Jumlah pendukung    Stanting ini ada 30 orang kader diantaranya :
Kader Desa siaga yang menangani RTLH, jamban keluarga. Penampungan air bersih.
Kader Yandu yang menangani anak balita.
Kader Keluarga Berencana ( KB ) yang menangani sebelum kehamilan.
Adapun Koordinator (KPM) Kader Pembinaan Manusia yang akan mengkoordinir dari lembaga-lembaga kader tersebut.
Harapan Tulus, dengan adanya wilayah kerjanya ditunjuk sebagai pilot proyek stanting ini kedepan bisa berjalan dengan lancar sesuai aturan, menghasilkan calon generasi bangsa yang sehat,  handal dan berbobot. Demikian harapnya. (Bdn/adn).