- MediaRakyat19. com

Breaking

Jumat, 19 Februari 2021

 Kalurahan Patalan Berdayakan BUMKAL









Bantul (Media Rakyat.Co.id). Dengan modal Badan Usaha Milik Kalurahan (BUMKAL) Kalurahan Patalan, Kapanewon Jetis, Kabupaten Bantul Provinsi DIY direncanakan akan meningkatkan pendapatan asli kalurahan. Keberhasilan  ini diharapkan  ada kerja sama yang baik dari pengelola dan para pengusaha yang terkait di BUMKAL. Demikian disampaikan Lurah Patalan, Sayudi, beberapa waktu lalu di ruang kerjanya.

Lebih lanjut, Sayudi, menerangkan bahwa keberadaan BUMKAL ini ada beberapa usaha milik kalurahan diantaranya; 

1. Sebidang pasar yang dulunya dikelola oleh PT Loka selama 20 tahun habis masa kontraknya kini sudah diserahkan  ke kalurahan dan sekarang  pihak kelurahan  yang berhak mengelola dan hasilnya milik kelurahan.

2. Adanya pasar hewan di Pasar  Bakulan walau seminggu sekali.

3. Adanya GOR Karya Buana, gedung ini bisa dimanfaatkan untuk pertemuan hajatan, pernikahan, ulang tahun  pada warga Patalan dan tetangga kalurahan.

4. Adanya pendopo BUMKAL, pendopo ini dikelola untuk urusan perniagaan.

5. Adanya pasar di kawasan Patalan yang luasnya hampir 1 hektar, pasar ini di bagi menjadi dua bagian yang sebagian sebagai pasar hewan dan yang sebagian pasar tradisional. 

6. Adanya lapangan tenis, sementara sudah dioperasikan . Dan para pengguna lapangan ini sesuai dengan jadwal kelompoknya masing-masing. 

7. Dan yang terakhir adalah adanya pengumpulan pengelolaan sampah. Hal ini petugas sampah memilih mana sampah yang memiliki nilai ekonomis dan yang tidak. Apabila tidak  ada nilai ekonomis tempat pembuangan akhir sampah sudah disediakan di pinggir Kali Winongo yang masih wilayah Kalurahan Patalan.

Harapan Sayuti,  dengan adanya BUMKAL ini mampu untuk meningkatkan pendapatan asli kalurahan dan memberikan  lapangan kerja kepada warganya dan sekaligus meningkatkan perekonomian lewat rotasi di  BUMKAL Patalan. Demikian harap Sayudi. (bdn-adn) 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar