- MediaRakyat19. com

Breaking

Jumat, 19 Februari 2021

 Ngatijo Pulang Kantor Kerjakan Pipil Jagung


Gunungkidul (Media Rakyat.co.id). Ngatijo kesehariannya seorang Pamong Kamituwo Kalurahan Kanigoro,  Kecamatan Saptosari  sehabis  pulang kantor dirinya bersemangat untuk melanjutkan mengerjakan pekerjaan di bidang pertanian dan selebihnya di rumah terutama yang berkaitan dengan  hasil panen  pertanian. Memang di lahan pertanian ada beberapa tanaman yang mempunyai nilai ekonomis, misalnya kacang tanah, ketela , kedelai, jagung dan juga pohon pisang.  Untuk jenis tanaman ini disesuaikan dengan musim atau situasi  kondisi alam. Jiwa tani ini   memang  ia lakukan bukan karena kondisi saat  menghadapi era pandemi covid_19 saja namun sudah rutinitas walau sebagai pamong jiwa sebagai petani tetap.melekat di hatinya. Kebetulan hasil panen beberapa waktu lalu  adalah  jagung yang cukup lumayan.  Maka sehabis pulang kantor sebagai abdi negara ia langsung mengerjakan pipil jagung.  



Mengenai pipil jagung ini diterangkan awalnya hanya dikerjakan dengan memakai jari tangan kemudian tumbuh kreatif membuat alat pipil secara manual yakni dengan bekas  ban mobil yang ia reka yasa sehingga mempercepat cara untuk memipil biji jagung dengan mudah dan cepat. 

Dijelaskannya, tempo dulu  bahwa jagung juga merupakan tambahan makanan pokok sebagian masyarakat di kawasan Gunungkidul. Tanaman jagung bisa tumbuh dengan baik di daerah ketinggian tidak lebih 1.500 m. dari permukaan air laut. Semakin rendah daerahnya tanaman jagung akan semakin baik tumbuhnya. Jagung selain menjadi tambahan pokok, dapat menjadi tepung jagung atau maizena.

Diharapkannya  dengan hasil panen jagung ini nantinya  bisa membantu perekonomian yang saat ini sedang menghadapi krisis ekonomi akibat dari  pandemi covid-19. (bdn-adn).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar