- MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 23 Juni 2021

 STAIYO Terima Kunjungan Dari Kemenag  Pusat Jakarta

Dyah Mintasih,SPdI,MPd. (kiri) Suharto,SAg.MM. (kanan)

Gunungkidul (Media Rakyat.Co.id)                                                  

Sekolah Tinggi Agama Islam Yogyakarta (STAIYO) belum lama ini menerima kunjungan dari  dari Kementerian Agama Pusat Jakarta Direktorat Jenderal Pendidikan Islam dalam rangka Monitoring dan Evaluasi PDDIKTI data STAIYO. Dalam acara kunjungan kerja ini dihadiri oleh Dr. Zulfakhri Sopyan Pono, M.Ed dan Aris Irawan, SE, yang didampingi KOPERTAIS Wilayah III D.I.Yogyakarta Dr. H. Khamim Zarkasi Putro, M.Si., Muhammad Ridwan dan Andi Irawan. Penyambutan dan penerimaan  kunjungan kerja ini diterima langsung oleh Dyah Mintasih, S.Pd.I., M.Pd selaku Ketua STAIYO yang didampingi Pembantu Ketua II, Pembantu Ketua III, Kaprodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Kaprodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI), Kaprodi Ahwal Syakhsiyyah (AS) / Hukum Keluarga Islam (HKI), Kaprodi Ekonomi Syariah (ES) dan beberapa Tenaga kependidikan.

Diyah Mintasih dalam  sambutannya selain mengucapkan syukur alhamdulillahi robbil 'alamiin dan selamat datang atas kedatangan para rombongan  di kampus STAIYO Wonosari baik dari  Kementerian Agama Pusat Jakarta dan Kopertais Wilayah III D.I.Yogyakarta. Juga, seraya memperkenalkan diri sebagai Ketua STAIYO yang tiga bulan lalu diangkat dan dilantik Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) D.I.Yogyakarta berdasarkan Keputusan PWNU DIY No. : 539/AB/A.3-01/01/2021 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. Nizar Ali, MA dan H. Muchtar Salim, menggantikan Ketua STAIYO Drs. H. Mardiyo, M.Si yang purna tugas.

Selain itu, disampaikan juga bahwa STAIYO baru saja menjalani proses Assesmen Lapangan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dari BAN-PT pada tanggal 14-15 April 2021 yang bertepatan 2-3 Ramadhan 1442 H. Alhamdulillah pasca liburan HR Idul Fitri atau seminggu yang lalu, hasil akreditasi BAN-PT telah keluar dengan predikat “Akreditasi Baik” berdasarkan SK BAN-PT No. : 437/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2021 tertanggal 18 Mei 2021. Kemudian kami sekarang sedang mempersiapkan Assesmen Lapangan Akreditasi Prodi Ekonomi Syariah (ES) dan Akreditasi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah (PGMI). Mohon selalu do’a dan support demi kebaikan, kemajuan, keunggulan, prestasi dan kejayaan STAIYO sebagai Kampus Islam dan Modern di Indonesia.

Khamim Zarkasi Putro selaku Sekretaris Kopertais Wilayah III D.I.Yogyakarta yang memimpin kunjungan kerja dari Kementerian Agama Pusat Jakarta, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan sebagaimana pemberitahuan sebelumnya bahwa kegiatan ini dalam rangka Monitoring dan Evaluasi PDDIKTI data STAIYO. PDDIKTI adalah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi yang merupakan sistem yang menghimpun data pendidikan tinggi dari seluruh perguruan tinggi yang terintegrasi secara nasional yang merupakan kumpulan fakta mengenai penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dimanfaatkan untuk pembangunan pendidikan tinggi. Data tersebut berisi Informasi, Entitas, Data Pokok, Data Referensi, Data Transaksional Pendidikan Tinggi, mengatur tentang Pendidik, Tenaga Kependidikan, dan Peserta Didik. Dijelaskan pula agenda kunjungan kerja di Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta, selain di STAIYO Wonosari adalah di Kampus STAI Terpadu, STPI Bina Insan Mulia dan STEI Yogyakarta.

Zulfakhri Sopyan Pono dari Kementerian Agama Pusat menyampaikan syukur bisa melakukan kunjungan kerja di Kampus STAIYO Wonosari dan beberapa kampus di bawah Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta. Sebagaimana penjelasan dari Kopertais tadi bahwa agenda kali ini adalah terkait PDDIKTI. PDDIKTI ini sangat banyak manfaatnya untuk menghimpun data pendidikan tinggi mulai data Informasi, Entitas, Data Pokok, Data Referensi, Data Transaksional Pendidikan Tinggi, mengatur tentang Dosen (Pendidik), Karyawan (Tenaga Kependidikan) dan Mahasiswa (Peserta Didik). Demi akurasi dan keabsahan data secara legal, planning tahun 2021 Ijazah kelulusan sudah menggunakan Nomor Induk Nasional yang menggunakan kode barcode sebagai tanda keabsahan Ijazah yang diakui secara nasional dan legal. Oleh karenanya dimohon semua data yang ada di STAIYO Wonosari, baik data Dosen maupun data mahasiswa harus diinput ke PDDIKTI agar data bisa dicek dan dibaca oleh publik atau masyarakat umum.

Selanjutnya Aris Irawan dari Kementerian Agama Pusat dengan dibantu Pembantu Ketua II Suharto, S.Ag., MM, menayangkan kondisi data PDDIKTI di STAIYO dengan Proyektor. Disini dijelaskan dan ditunjukkan secara teknis input data dan manfaat bagi Lembaga Pendidikan Tinggi di seluruh Indonesia, termasuk bagi STAIYO. Dijelaskan agar STAIYO segera melengkapi data yang masih kosong dan harus diisi. Seperti input visi misi perguruan tinggi dan masing-masing Program Studi, Profil diri dan foto Dosen, serta data-data lainnya.

Muhammad Ridwan selaku Kasubbag Bina PTAIS di Kopertais Wilayah III D.I. Yogyakarta, menambahkan dengan meminta dan mengharapkan agar operator dari STAIYO dapat melakukan input data secara kontinyu dan melakukan progres perkembangan setiap minggu sekali. Hal ini demi kepentingan, kebaikan, kemajuan dan keunggulan STAIYO sebagai bagian kampus Pendidikan Tinggi di Indonesia khususnya di D.I.Yogyakarta yang mengembankan misi pendidikan dalam mempersiapkan kader-kader generasi masa depan bangsa.

Istarsidah, MSI sebagai operator dari STAIYO menyatakan bangga dan menyambut baik dengan petunjuk dan kunjungan kerja Kementerian Agama Pusat ini. Momen ini langsung dimanfaatkan untuk konsultasi hal-hal teknis kesulitan yang dihadapi dalam proses input data PDDIKTI data STAIYO. Serta mohon dibantu demi kesempurnaan data dan mohon maaf bila selama ini sering mengganggu lewat telp/WA dalam rangka input data STAIYO. Candaan dan pengakuan Istarsidah, yang telah lama ini kenal meski baru lewat HP.

Agenda kunjungan kerja selesai dan acara ditutup oleh Khamim Zarkasi. Ditegaskan kembali demi kesempurnaan, agar STAIYO selalu melakukan input dan update data PDDIKTI dalam setiap minggunya. Karena program ini demi memperbaiki lembaga pendidikan tinggi nasional di seluruh tanah air.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar