Menyikapi Keharmonisan Hubungan di Usia Tua - MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 28 Desember 2022

Menyikapi Keharmonisan Hubungan di Usia Tua

  *Menyikapi Keharmonisan Hubungan di Usia Tua*


Ibu Rini Isdarwati, SE sedang membuka acara.


Sleman MEDIA RAKYAT.CO.ID

Kelompok Perempuan Produktif   Margo Sejahtera Kalurahan Margorejo Kapanewon Tempel  Kabupaten Sleman yang diketuai  Hj. Ernawati, berdiri sejak  kalurahan  Margorejo dijabat  oleh  Drs. Amad Jalaludin, selama 3 periode.  Hingga  saat ini  KPP Margo Sejahtera  masih eksis melaksa- nakan kegiatannya, meskipun beliau sudah tidak menjabat Lurah lagi. 

 Pertemuan  dan  kegiatan KPP Margo Sejahtera  dilaksanakan  secara bergantian. Perputaran  berlangsung sebulan sekali.  

 Kegiatan meliputi bidang ketrampilan, kesehatan dan pendidikan. Tanggal 27/12/2022, kegiatan diisi oleh MS. Wahyuni A. md. Keb. tentang keluhan Pralansia.

Seputar perubahan dari nyaman ke tidak nyaman.  karena horman. yang dulu kenceng jadi kendor. Hal tersebut tidak  bisa kita hindari. Namun hanya bisa kita sikapi  dengan banyak bersyukur. Kita masih sehat di usia ini  masih bisa berkumpul berkegiatan  di KPP Margo Sejahtera 

Dalam  rentang usia tersebut banyak ibu-ibu yang  mengalami  perubahan. Ada yang  pre menopause, menopause  ada yang masih  menstruasi namun tidak teratur. 

Seyogyanya di  usia 45 tahun  sudah tidak hamil lagi.  Karena kondisi sel telur yang dihasilkan  sudah tidak seperti  saat usia produktif. 

Bidan MS Wahyuni menyampaikan materi keluhan Pralansia.


Usia lansia berbeda dengan PUS (Pasangan Usia Subur) dalam berhubungan suami istri.  Hal tersebut dikarenakan berkurangnya  lendir.  Namun masih  bisa diatasi dengan warn ming up atau pemanasan.  Namun bisa juga dengan  menggunakan jeli sebagai pelumas yg disebut Lubricant Gel, saat hendak melakukan hubungan suami istri. 

Demikian juga pada pria terjadi impotensi.  Bila hal itu terjadi mulai   usia 50 tahun, bisa diatasi dengan  cek  ke dokter andrologi diantaranya  di Rumah Sakit Sarjito ataupun  Rumah Sakit  Sadewa. Hal tersebut dijelaskan oleh  MS. Wahyuni A. md.Keb. 

Saat menjadi Nara Sumber di KPP Margo Sejahtera. *Ali Mochtar*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar