Suwitono Lurah Giriasih - MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 25 Januari 2023

Suwitono Lurah Giriasih

Suwitono: 
"Kera Buntut Panjang Ancam Hasil Panen Petani"


Suwitono, Lurah Giriasih


Gunungkidul (MediaRakyat.Co.Id). Seperti apa yang disampaikan Suwitono Lurah Kalurahan Giriasih mengenai Kera Buntut Panjang adalah mengancam hasil panen petani diantaranya; jagung, ketela, kacang, padi dan lain-lain. Karena populasinya yang cukup banyak tidak hanya puluhan akan tetapi diperkirakan jumlahnya mencapai ratusan kera berbuntut panjang yang berkeliaran di seluruh Kapanewon Purwosari. Karena saking banyaknya populasi kera buntut panjang sehingga beberapa tanaman tersebut cepat mengalami kepunahan akibat dimakan para kera.
Diakuinya, tempo dulu bahwa ketela, jagung, padi, merupakan tanaman penting bagi penduduk Gunungkidul. Karena tanaman ini telah mempengaruhi sejarah dan sosial ekonomi serta budaya masyarakat Gunungkidul terutama yang tinggal di kampung-kampung. 
Harapanya, dengan keberadaan kera kera ini pemerintah ikut berperan serta mengatasi keberadaannya ini, sehingga kera merasa aman disisi lain para petani tidak merasa terganggu oleh para kera tersebut, sehingga hasil panen bisa maksimal. Demikian harap Suwitono Lurah Kalurahan Giriasih, Kapanewon Purwosari, Kabupaten Gunungkidul saat dihubungi awak media pada Selasa, 24 Januari 2023 di ruang kerjanya. (bidin).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar