Admin OPD Pelaku Utama Aplikasi Srikandi - MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 13 Juni 2023

Admin OPD Pelaku Utama Aplikasi Srikandi

KulonProgo (mediarakyat19.com) - Admin dari Seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) dan Kapanewon se Kulonprogo, Senin 12/06/2023 hadir diruang Rapat Sermo Gedung Binangun 1.  Mengikuti giat soaialisasi penggunaan Aplikasi Srikandi (Sistem Informasi  Aplikasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi). 

Dalam pembukaan sosialisasi tersebut Drs. Duana Heru Supriyanta, MM Kepala Dinas Perpustakaan  dan Kearsipan Kulon Progo mengatakan bahwa admin dari OPD merupakan pelaku utama dalam pelaksanaan Aplikasi Srikandi. Aplikasi Srikandi sebenarnya mirip dengan Suratku yang selama ini sudah berjalan. Hanya skupnya yang berbeda. Suratku hanya dilingkup Kulon Progo, sedangkan Srikandi berskup nasional.


Selain itu, Suratku belum membackup secara keseluruhan dokumen yang beredar. Srikandi dalam hal ini sudah mengakomodir kaidah-kaidah yang berlaku di Kearsipan. Arsip dapat terkelola dengan baik.  Dengan Srikandi  OPD dapat megirim surat ke kementerian manapun di Indonedia tanpa melibatkan jasa pengiriman lagi. Adapun penerapan secara Nasional baru akan  dimulai Tahun 2024. Semua melslui proses.

Sistem  Srikandi dikembangkan oleh 4 Lembaga. Yaitu: Kemenpan, ANRI, Kominfo dan Badan Siber Sandi Negara. Dengan  dasar hukum Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemeritahan Berbasis Elektronik. ANRI berkewajiban  mengembangkan. Aplikasi Srikandi  yang merupakan Program Prioritas Nasionsl ANRI (38 Propindi, 514 Kabupaten dan 98 Kota).

Sedangkan Narasumber Eko Budian toro, S.Pd., M.Pd menyampaikan Per bup terbaru ten tang Kedudukaan, Susunan Organi sasi, Tugas dan Fung si  dan Tata Kerja OPD diinput di apli kasi Srikandi versi 2. Peserta adalah admin satker dan admin  OPDAdmin  OPD ada  3 admin dinas, admin ke TU an dan Admin UK Kearsipan tingkat 2.   *Riyana 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar