Kopi Susu Lurik Untuk PEPARI - MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 13 Juni 2023

Kopi Susu Lurik Untuk PEPARI

Yogyakarta (mediarakyat19.com) - Banyak pertanyaan mengenai seragam PERARI dengan berbagai gagrag (motif). Tidak harus Surjan Yogyakarta atau Beskap Solo. Ini mewujudkan gambaran kalau pembawa acara atau MC  dari berbagai asal daerahnya sukarela bersatu padu menyatu tetapi tanpa kehilangan jati diri daerah masing-masing.

Ki Budi Utomo juga menjelaskan, meskipun bermacam Gagrag busananya namun tetap terancang di lurik kopi susu. Hal ini merupakan kiasan,  Kalau  Gusti Yang Maha Agung sudah menciptakan semua titahnya serba berpasangan. Ada hitam ada putih, ada siang ada malam. ada laki-laki ada perempuan dan seterusnya. 

Dalam PEPARI, supaya para Pembawa acara dapat menerima bermacam keadaan dan pendapat yang berbeda dalam hidup  berkeluarga dan  bermasyarakat serta dapat membuat rasa senang, puas dan berkenan yg mengundang. Namun tetap dalam koridor,  tidak  kebablasen mengubah Budaya Jawa.

Ki Budi  juga berharap, seyogyanya seragam Lurik kopi susu tidak untuk dikenakan tugas di lapangan. Tapi dikenakan saat  kegiatan PEPARI atau hadiri perkumpulan PEPARI. Juga ketika menghadiri  undangan dari organisasi lain, selaku  wakil Organisasi PEPARI untuk menggambarkan identitas jatidiri anggota PEPARI. *Riyana*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar