Merti Kali Gajah Wong: "Jangan Buang Sampah di Sembarang Tempat Tapi Buanglah Pada Tempatnya" - MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 21 Juni 2023

Merti Kali Gajah Wong: "Jangan Buang Sampah di Sembarang Tempat Tapi Buanglah Pada Tempatnya"

 Merti Kali Gajah Wong: "Jangan Buang Sampah di Sembarang Tempat Tapi Buanglah Pada Tempatnya"

(Dari kiri: dr. Bambang Suweda,SST,MSi., Muryani, Ninik Sri Handayani, SSi., Katir Tri Atmaja)


Bantul (Media Rakyiat19.Com). Bertempat di Gedung Balai RW 07 Pedak Baru, Pedukuhan Karangbendo, Kelurahan/Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul Propinsi DIY  mengadakan sarasehan Merti Kali Gajah Wong yang dihadiri dari segenap dinas terkait diantaranya: DLHK Propinsi DIY,  DLH Bantul,  Anggota Dewan Komisi C, JPSM /Kartomantul, Komunitas Forsidas  Kali Gajah Wong dan masyarakat Pedak Baru, demikian disampaikan Muryani, Ketua RW 07 Pedak Baru, Karangbendo pada Selasa, 20 Juni 2023.

Selanjutnya, Muryani, menjelaskan bahwa sebelum di gelar sarasehan sesuai dengan tema Merti Kali Gajah Wong warga masyarakat Pedak Baru membersihkan lokasi Kali Gajah Wong pada Senin 19 Juni 2023 dimulai dari jam 07.00 s/d 09.00 WIB. Adapun teknis  pelaksanaan pembersihan di bagi menjadi tiga Korlap, diantaranya; Untuk sebelah Utara sebagai Korlap : Sumadi dengan anggota; 1.Pardi Semprul; 2.Ari Santosa;  3.Feri ; 4.Tumiyem; 5.Karnawati; 6.Maryani Udi; dan 7.Wahyuti. Adapun dibagian tengah sebagai Korlap, Slamet Supardi dengan anggota; 1.Putra;  2.Sapto;  3.Kayat;   4.Sunardi;  5.Kasiyem;  dan 6.Dhita. Dan di bagian Selatan sebagai Korlap,  Fhudholly dengan anggota;  1.Lilik; 2.Rudy;  3.Slamet Sugiman; 4.Ajik;  5.Binti;   6.Ratna dan 7.Yuni. Masing masing Korlap bertanggungjawab atas wilayah dan  anggotanya dengan menyiapkan segala peralatan yg diperlukan dilapangan. Adapun penyedia konsumsi makan dan minum, snak yakni; Bu Nardi,Bu Lilik,  Bu Umi, Bu Evi, dan Untari.

 

Warga siaga memasang Umbul-umbul Katanya

Dan, pada sore harinya pada pukul 16.00 WIB warga memasang umbul-umbul Katana (Kawasan Tanggap Bencana) untuk membuktikan bahwa Pedak Baru selalu tanggap untuk menghadapi bencana apapun  terutama saat musim penghujan dari hulu  Kali Gajah Wong sebahagian  airnya mampir di rumah-rumah  warga  Pedak Baru yang ketinggian airnya bervariatif dari ketinggian 40 Cm hingga satu meter. Menurut beberapa warga katanya di  tahun 2024 Kali Gajah Wong yang masuk di wilayah Pedukuhan Karangbendo, Kalurahan Banguntapan akan di diberikan pembatas antara aliran sungai dan pemukiman warga agar selamat dari ancaman banjir.

Mengenai hasil pembersihan sampah dari Kali Gajah Wong  dikumpulkan di halaman Masjid Nurul Islam yang nantinya akan diangkut dengan mobil DLH dari Propinsi DIY. Bagi warga  yang ikut terjun memberisihkan sampah di Kali Gajah Wong diberikan tali asih @ 70.000 dipotong pajak.

Harapan Muryani adanya kegiatan Merti Kali ini agar masyarakat khususnya di wilayah Pedak Baru maupun di sepanjang kiri kanan hulu sungai tersebut  sadar jangan sampai  membuang sampah pada sembarang tempat tapi buanglah sampah pada tempatnya, dan kalau mau memiliah-milah  antara sampah organik dan non organik   diantara keduanya ada nilai ekonomis. Pedak Baru siap menerima hasil kumpulan sampah yang sudah dipilah-pilah. Karena satu-satunya yang mengawali adanya Bank Sampah yang bernama "Bank Sampah Lestari" yang sudah dikukuhkan oleh Lurah Desa Banguntapan, Basirudin, beberapa waktu lalu di  Pedak Baru RW 07 yang sebagai Direktrisnya adalah Ketua RW 07 Muryani. Demikian harapnya. (bdn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar