Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunakan Pihak Ke-3 Untuk Menyelamatkan informasi - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 10 Juli 2023

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunakan Pihak Ke-3 Untuk Menyelamatkan informasi

 

Kulon Progo, Mediarakyat19.com Kamis 10/7/2023 di Aula dinas Perpustakaan dan kearsipan Kulon Progo jam 09.00 lakukan  kerjasama penataan Arsip inaktif di dua OPD. Dinas Pertanian dan Dinas Kesehatan  dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan ( Drs. Duana Heru. MM)  pada Pihak ketiga Damar (CV .Damaratika).

Usai  penyerahan dilanjutkan Bimtek Penanganan Arsip inaktif untuk tenaga 4 tenaga dari CV Damaratika agar   ada persamaan persepsi. Karena sering adanya permasalahan berbeda  yang muncul disaat penataan. Misalnya ada arsip yang berbeda jenis,  penataannya, penyimpanannya  dan juga adanya kendala sarpras penyimpanan di OPD. 


CV Damaratika mengikuti aturan dari  OPD  yang arsipnya  ditata. Namun juga memberi masukan, bahwa bok arsip maksimal disusun dua tumpukan agar tidak rusak.  Dari CV Damaratika  juga minta  disediakan ruangan khusus  saat  penataan arsip. Hal tersebut ddimaksudkan agar pihak karyawan OPD tidak terganggu kerjanya demikian juga halnya tenaga dari  CV Damaratika dapat dengan leluasa menggelar arsip yang memang penatakaannya harus melalui proses dipilah yg memerlukan ruangan dan waktu. 

Adapun diadakannya kerjasama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dedengan Pihak ke-3  dalam rangka membantu OPD  yang volume arsipnya besar dan belum ditangani. Selain itu tujuan utamanya  untuk menyelamatkan informasi penting yang terkandung dalam Arsip tersebut. Harapan lain akan diditemukannya arsip berisi informasi  kesejarahan (Arsip Statis) dari OPD yang selama ini mayoritas masih terabaikan *Riyana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar