Jogja International Kite Festival (JIKF) VIII tahun 2023 Semarakkan Pantai Parangkusumo. - MediaRakyat19. com

Breaking

Minggu, 16 Juli 2023

Jogja International Kite Festival (JIKF) VIII tahun 2023 Semarakkan Pantai Parangkusumo.

 Jogja International Kite Festival (JIKF) VIII tahun 2023 Semarakkan Pantai Parangkusumo.

Bantul. MediaRakyat19.com. Pengunjung memadati pantai Parangkusumo untuk menyaksikan Festival Layang-Layang  Internasional atau Jogja International Kite Festival (JIKF)   IV yang merupakan Festival nasional  VIII ,  tahun 2023.  Festival  diselenggarakan oleh Penggiat Layang-layang Nusantara (Talikama) selama dua hari, 15 sampai dengan 16 Juli 2023.  Sabtu, 15 Juli 2023 hari pertama.  Event tersebut  digelar di Pantai Parangkusumo, Bantul, Yogyakarta. Pantai terlihat sangat meriah diwarnai berbagai bentuk dan warna-warni  layang-layang.


Talikama bekerja sama dengan Dinas Pariwisata yang didanai dengan Danais. Selain itu Talikama juga merangkul seluruh usia dan masyarakat setempat.  Para bakul,  usaha kecil, Karang taruna maupun UMKM juga dilibatkan," ujar Widodo Kurniawan. 


Peserta festival  mengekspresikan  kreativitasnya mulai dari proses awal  merangkai hingga  wujud layang-layang yang   membubung  menghias angkasa. Yuri menilainya juga sejak proses awal dari berbagai segi. 

Layang-layang dalam proses penyempurnaan

Lima kategori layang-layang yang dilombakan. Layangan  tradisional, layangan dua dimensi, layangan tiga dimensi, rokaku challenge dan layangan train naga.


Widodo Kurniawan Ketua Panitia Festival Layang-layang  yang  membawahi  50 personil  saat itu  didampingi  Adib rekannya  menjelaskan pada Awak Media perihal festival tersebut bahwa festival terdiri 13 Tim dari 9 Negara (Amerika Serikat, Malaysia, Thailand,Jepang, Swiss, Singapura, Korea, Tiongkok  dan Taiwan). Total ada 156 peserta lomba dari dalam  maupun  mancanegara negara

Awak Media Bersama  Panitia Festival Widodo Kurniawan dan rekannya Adib


Festival saat ini bertemakan  "Tradisi Bermain Layang-layang," ujar Widodo Ketika kami temui. Widodo juga mengatakan  peserta belum semuanya hadir.Dihamparan pasir juga terlihat banyak layang- layang yang  masih dalam proses dan belum sempurna. Hari Minggu 16/7/2023 Parangkusumo akan  makin padat pengunjung menyaksikan Festival.( Ali Riyana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar