Kalurahan Patuk Memperingati Hari Jadi Ke, 93 Tahun 2023. - MediaRakyat19. com

Breaking

Selasa, 25 Juli 2023

Kalurahan Patuk Memperingati Hari Jadi Ke, 93 Tahun 2023.

 Kalurahan Patuk Memperingati Hari Jadi Ke, 93 Tahun 2023.

          

                  Lurah Patuk

  

Gunungkidul (Media Rakyat19.com). Catur Bowo Lurah Kelurahan Patuk, Kapanewon Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DIY belum lama ini awak media berkunjung dikediamannya.  Saat ditanya seputar kegiatan yang berkaitan dengan birokrasi   yang ia pimpin, pihaknya menjelaskan bahwa belum lama ini pemerintah Kalurahan Patuk telah mengadakan Peringatan  Hari Jadi Kelurahan Patuk yang ke-93 yang bertempat di Gedung Kelurahan yang baru, karena sebelum menempati gedung kantor kelurahan yang baru ini, kantor kelurahan menempati di pinggir jalan yang bersebelahan dengan pom bensin Patuk tepatnya alur jalan ke Kabupaten Gunungkidul. Demikian disampaikan Catur Bowo dikediamannya pada akhir bulan lalu

Selanjutnya, Catur Bowo menjelaskan bahwa prosesi hari jadi tersebut diikuti oleh  segenap warga di 24 RT  yang terdiri dari empat  pedukuhan yakni ; Pedukuhan Patuk, Pedukuhan Ngalang, Pedukuhan Nyluntang dan Pedukuhan Sumber Teles. Dalam acara ini Ikut hadir Babinsa, Bhabinkamtibmas, Panewu Patuk dan Bupati Gunungkidul beserta segenap masyarakat mengusung gunungan. 

Sebelum dihadiri Bupati Gunungkidul  untuk memeriahkan acara tersebut dari 24 RT masing-masing pedukuhan menyajikan berbagai atraksi diantaranya membawa gunungan yang dihiasi dari sayur-sayuran, tarian kuda kepang,  reog, seni rodatan dan tarian  anak-anak dengan memakai topeng ala raksasa. 

Berlangsungnya acara ini  untuk menjaga keamanan  dan ketertiban masyarakat tentu saja melibatkan  anggota Linmas, Babinsa, Bhabinkamtibmas.

Hampir sekitar pukul 13.00 wib Bupati Gunungkidul beserta rombongan hadir di arena hari jadi Patuk, dan selanjutnya kehadirannya disambut oleh Lurah Patuk. 

Lurah Patuk; Catur Bowo, bersalaman dengan Bupati Gunungkidul; H. Sunaryanta.

Harapan Catur Bowo dengan diadakannya ulang tahun sebagai momemtum yang sangat fundamental bagi warga Patuk untuk memberikan pelajaran secara historis kepada anak cucu di.masa mendatang. Juga menumbuhkembangkan silaturrahmi antar warga dan  untuk menjaga persatuan dan kesatuan antar warga baik bagi warga Kalurahan Patuk dan warga kalurahan tetangga. Dan gelar budaya dari masing-masing pedukuhan yang telah ditampilkan merupakan aset kalurahan Patuk ke depan diharapkan menjadi obyek wisata. Demikian harap Catur Bowo.  (bidin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar