Kasrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 Kodim 0706/Temanggung - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 10 Agustus 2023

Kasrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023 Kodim 0706/Temanggung

 Kasrem 072/Pamungkas Hadiri Upacara Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023  Kodim 0706/Temanggung

Temanggung Media Rakyat 19. Com Kepala Staf Korem  072/Pamungkas Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning, S.I.P. menghadiri  upacara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2023  bertempat di Lapangan Desa Pateken, Wonoboyo, Temanggung, Jawa Tengah. Kamis, (10/8/2023).  

Rangkaian upacara diawali dengan laporan pelaksanaan kerja progam TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun 2023, Penyerahan kembali alat kerja dan penandatanganan berita acara TMMD Sengkuyung dan Pemukulan Kentongan tanda ditutupnya pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II. 

Dandim 0706/Temanggung Letkol Inf Sriyono selaku Inspektur upacara saat membacakan amanat Pangdam IV/Diponegoro mengatakan bahwa program TMMD adalah merupakan salah satu program bhakti TNI yang manfaatnya sangat dirasakan bagi masyarakat khususnya bagi yang tinggal di daerah pedesaan. Selanjutnya TMMD ini untuk membantu program Pemerintah Daerah dalam percepatan pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur serta penanganan permasalahan sosial masyarakat di wilayah terpencil, terpelosok, dan kawasan perbatasan. 

"TMMD ke-117 tahun 2023 kali ini  mengangkat tema “Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat”. Tema ini mengandung makna bahwa TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara," ucapnya.

TMMD Reguler tahun ini diselenggarakan di beberapa Kabupaten di Jawa Tengah antara lain  Banyumas, Kulonprogo, Grobogan, dan Karanganyar. Selain empat Kabupaten tersebut, seluruh Kodim di jajaran Kodam IV/Diponegoro juga menyelenggarakan TMMD Sengkuyung atau imbangan sebagai tekad Kodam IV/Diponegoro dalam membantu percepatan pembangunan di daerah secara menyeluruh. 

Sementara itu, Kasrem 072/Pamungkas  Kolonel Inf Hotlan Maratua Gurning menyampaikan bahwa pelaksanaan TMMD baik Reguler maupun Sengkuyung diselenggarakan secara bersama-sama antara TNI-Polri dan komponen masyarakat lainnya dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Sasaran fisik TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Pateken ini yaitu pengecoran jalan beton sepanjang 825 m, lebar 3 m dan tebal 15 cm, diharapkan kedepannya jalan ini membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Lebih lanjut Kasrem 072/Pamungkas berpesan dan berharap agar jalan ini dirawat dengan sebaik-baiknya sehingga masa pakainya bisa panjang dan manfaatnya bisa digunakan oleh masyarakat yang lewat melalui jalan ini. 

Setelah selesai upacara penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II, Kasrem 072/Pamungkas beserta Forkopimda Kab. Temanggung menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat dan meninjau langsung hasil pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap II. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kabaglog Polres Temanggung Kompol Rahmad Efendi, Sekda Kabupaten Temanggung Drs. Hari Agung Prabowo, Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Temanggun Matoha, Baznas Temanggung Afinda Hapiddranti, Plh Kajari Temanggung Jemmy Novian, dan Kadinpermades Kabupaten Temanggung Dra. Gema Artisti Wahyudi. ( Ali Mohtar )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar