Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchesta Di Bangsal Pancaniti - MediaRakyat19. com

Breaking

Minggu, 27 Agustus 2023

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchesta Di Bangsal Pancaniti

 Konser  Kamardikan

Yogyakarta Royal  Orchesta Di Bangsal Pancaniti

Yogyakarta, MediaRakyat19.com.

 Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo menghadiri Konser Kamardikan

Yogyakarta Royal  Orchestra bertempat di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti, Kemandungan Ler Kraton Yogyakarta. Sabtu (26/8/2023) 

Konser Kamardikan atau Kemerdekaan yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI Ke-78 dibuka untuk umum dengan menyajikan lagu-lagu perjuangan dan lagu tradisional.

Penghageng KHP Nityabudaya GKR Bendara dalam sambutannya mengatakan bahwa bagi masyarakat penting untuk meninjau ulang warisan pengetahuan leluhur berupa ilmu petung primbon hingga tradisi orang mengenai kearifan lokal yang ada. 

"Keraton terus mengupayakan hingga hari ini berkaca pada falsafah, berbagai langkah dalam menjaga keseimbangan alam terus dilakukan oleh keraton. Penanaman pohon sepanjang kawasan sumbu filosofi perawatan vegetasi di dalam tembok Keraton hingga pemanfaatannya,"ungkapnya.


Jika melihat Keraton penuh dengan beragam vegetasi, itulah wujud dari pelestarian yang dilakukan. Akhirnya Narawandira berada pada penghujung pagelarannya esok hari tanggal 27 Agustus 2023 pameran secara resmi ditutup. 

"Terima kasih untuk seluruh tim produksi pameran tim edukator komunitas dan lembaga yang mendukung pameran serta rekan-rekan media. Lebih dari 177.000 wisatawan domestik dan 26.000 wisatawan Mancanegara hadir untuk menyaksikan pameran Narawandira, semoga langkah kecil pelestarian yang dilakukan oleh kita semua dapat memberi perubahan suatu masa kelak"tutupnya

Dalam sambutannya, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengungkapkan para penggemar musik klasik  memahami, bahwa komposisi-komposisi indah dari Giuseppe Verdi dalam opera “Aida”, telah dijiwai roh dengan seruan integrasi bangsa. 

"Barbara Ward pernah berkata: “Kita harus belajar mencintai satu sama lain, atau kita semua akan lenyap”. Peringatan ini tampaknya ada relevansinya dengan dunia kita sekarang, dimana sebagian besar hubungan antar manusia semakin renggang, akibat kepentingan individu dan pengejaran materi secara berlebihan, hingga melupakan aspek terdalam dari kehidupan manusia yang sangat dibutuhkan, yakni: cinta, kasih sayang dan perdamaian"jelasnya


Merusak peradaban, ternyata dapat terjadi dengan mudah dan dalam waktu yang singkat. Ketidakpedulian dan ketidakpekaan akan pentingnya membangun peradaban, sudah cukup untuk membuat peradaban yang ada terancam sirna sepanjang masa.  Peradaban harus didesain dengan kesadaran, kesengajaan, kebersamaan dan komitmen, yang didasarkan atas nilai-nilai kehidupan bersama yang paling dasar. 


"Musik dapat menggugah rasa simpati dan empati kepada orang lain serta rasa kemanusiaan untuk membangun peradaban bangsa. Tanpa peradaban, tak akan ada bangsa. Dan hanya dengan membangun kembali cinta, kasih sayang dan perdamaian itulah, rasanya yang paling tepat"tandasnya

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X, Gubernur AAU Marsda TNI Eko D. Indarto, Kabinda DIY Brigjen TNI Rachmat Puji Susetyo, Danlanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto, Ketua DPRD DIY Sunardi, dan para Bupati se DIY. (Ali Mochtar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar