Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono menutup TMMD di Ngargosari. - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 10 Agustus 2023

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono menutup TMMD di Ngargosari.

 Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono menutup TMMD  di  Ngargosari.


Kulon Progo . MediaRakyat19.com. Komandan Korem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo mendampingi Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Widi Prasetijono menutup kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-117 Kodim 0731/Kulon Progo bertempat di Lapangan Ngargosari, Kelurahan Ngargosari, Kapanewon Samigaluh, Kab. Kulon Progo, Yogyakarta. Kamis (10/8/2023).

Penutupan TMMD ditandai dengan pembacaan laporan hasil pelaksanaan TMMD, penandatanganan naskah berita acara serah terima hasil program TMMD dan penyerahan berita acara hasil program TMMD dari Dandim 0731/Kulon Progo Letkol Inf Nurwaliyanto selaku Dansatgas kepada Pangdam IV/Dip Mayjen TNI Widi Prasetijono

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono selaku Inspektur Upacara dalam amanatnya  menyampaikan bahwa program TMMD merupakan salah satu upaya TNI dalam memperkuat ketahanan masyarakat sebagai potensi kewilayahan. Program TMMD dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD) sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat yang sebagian besar tinggal di daerah pedesaan. 



TMMD juga dimaksudkan untuk mempercepat pembangunan sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah pedesaan yang masih sangat membutuhkan.

TMMD ke-117 tahun 2023 kali ini  mengangkat tema 

*Sinergi Lintas Sektoral Mewujudkan Kemanunggalan TNI-Rakyat Semakin Kuat,* yang  mengandung makna bahwa,  TNI bersama dengan Pemerintah Daerah, Polri, dan masyarakat secara bersama-sama melaksanakan proses percepatan pembangunan fasilitas umum dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara", jelasnya.


Pangdam IV Diponegoro, Mayjen TNI Widi Prasetijono mengatakan bahwa tahun 2023 ini Kodam IV/Diponegoro menyelenggarakan program TMMD Reguler ke-117 dan TMMD Sengkuyung secara tersebar di beberapa Kabupaten dan Kota.  Seperti Banyumas, Kulonprogo, Grobogan, dan Karanganyar.

Belisu juga berterima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda, dan masyarakat, yang telah bekerja secara maksimal.  Sehingga sasaran fisik TMMD yang berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur diantaranya pengecoran jalan, rehab Pos Kamling, Mushola, Jambanisasi, pembuatan pintu air, sumur galian, dan saluran tersier, serta Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dapat diselesaikan tepat waktu.

Pangdam Mayjen TNI Widi Prasetijono juga berpesan kepada masyarakat untuk terus memelihara dan merawat hasil TMMD ini serta semangat kebersamaan dan kemanunggalan antara TNI-rakyat dan tidak mudah terhasut dan terprovokasi dengan hal-hal yang bisa memecah belah bangsa.

Sementara itu, Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Joko Purnomo mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota TNI, Polri, Pemda dan segenap komponen masyarakat yang selama satu bulan, sejak tanggal 12 Juli sampai dengan  10 Agustus 2023, saling bahu-membahu dan bekerja sama melaksanakan program TMMD Reguler ke-117 Tahun 2023 Kodim 0721/Kulon Progo. Sehingga dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, mudah-mudahan hasil dari TMMD tersebut  bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terima kasih juga ditujukan pada  semua pihak yang sudah membantu mensukseskan kegiatan TMMD Reguler Ke-117 Kodim 0731/Kulon Progo.  Hingga kegiatan  bisa berjalan lancar dan selesai tepat waktu. 

TMMD ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, tegasnya.


Selesai upacara TMMD dilanjutkan dengan menyaksikan pertunjukan kesenian tarian Angguk, Peninjauan UMKM dan peninjuan sasaran TMMD. Diantaranya: peresmian jalan dengan ditandai pemotongan pita dan pemecahan kendi oleh Pangdam IV/Diponegoro dan Danrem 072/Pamungkas, serta pemberian bantuan sembako kepada masyarakat. 

Sementara itu, di tempat terpisah Ketua Persit KCK PD IV/Diponegoro Ny. Widi Prasetijono melaksanakan peninjauan stand UMKM dan  pemberian tali asih kepada anak stunting. 

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD Asrendam IV/Dip Kolonel Inf Wisnu K, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, Kakesdam IV/Dip Kolonel Ckm dr. Tjoeng Armand Tobias, Kazidam IV/Dip Kolonel Czi Aji Sujiwo, Kapendam IV/Dip Kolonel Inf Ricard Harison, Danpomdam IV/Dip Kolonel Cpm Risono Budi, Kasiops Kasrem 072/Pmk Kolonel Inf M. Ibrahim M.M., Kasiter Kasrem 072/Pmk Kolonel Kav Agus Waluyo, Pj. Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti, Dandim 0731/Klp Letkol Inf Nurwaliyanto, Danyon Brimob Pelopor B Sentolo Kompol Sancoko, Dandenpom IV/2 Yka Letkol Cpm Mapangara, Kapolres Kulon Progo AKBP Nunuk Setyowati, Anggota DPRD Kabupaten Kulon Progo Suharto dan Forkompinda Kulon Progo.  (Ali Mochtar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar