Tuban Terdampak Kemarau Panjang - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 27 November 2023

Tuban Terdampak Kemarau Panjang

Tuban Terdampak Kemarau Panjang

Sleman, 24/11/ 2023 MefiaRakyat19.com Salah satu dampak kemarau panjang   terjadi krisis air. Dimana-mana  kesulitan air bersih. Hal ini juga terjadi di wilayah Tuban. Tahun ini sekitar 40 desa   di  20 Kecamatan  yang ada di kabupaten Tuban  14 diantaranya terdampak kemarau panjang. 


Kalaksa BPBD Tuban  Drs. Sudarmaji, MM  saat kunjungan studi banding di Sekolah Air Hujan Banyu Bening Yogyakarta, menyampaikan 

"Sekitar 90.000 liter perharinya droping air ke wilayah  terdampak." Beliau menyampaikan  perlunya  penyelesaian permanen terkait dengan krisis air di Tuban .  Hal ini yang menjadi motivasi  team BPBD Tuban untuk belajar di Sekolah Air Hujan Banyu Bening. 

Kunjungan di sambut hangat oleh team Banyu Bening. Dan dalam paparannya Sri Wahyuningsih  ( Yu Ning) menyampaikan bahwa:

"Masyarakat perlu contoh  baik  yang dapat dilihat. Terlebih di Grabagan salah desa di Tuban juga sudah memanfaatkan air  hujan sejak dulu, bisa jadi contoh di sana. Namun perlu adanya sedikit perubahan cara menampung air hujan , mengingat kondisi lingkungan saat ini agar   kehigienisan  air  hujan sampai ke kita tetap terjaga."

Menampung air hujan dan menabungnya,  menjadi salah satu upaya penyelesaian permasalahan air bersih di Tuban. Tentu saja juga berlaku diberbagai wilayah lainnya.

Menampung air hujan selain  untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga  untuk cadangan musim kemarau. Terobosan ini harapannya mampu menjadi solusi permanen  tidak dropping air lagi ke depannya. (Ali Mochtar Riyana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar