Berguru Novel Di Nyawang Giri Pakem - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 15 Januari 2024

Berguru Novel Di Nyawang Giri Pakem

Berguru Novel Di Nyawang Giri Pakem 

Sleman, MediaRakyat19.com 14/1/2023 Suasana santai tapi serius terlihat di gubug Nyawang Giri, Pakem, Sleman.  Dalam acara  dengan tema Langkah Ringkas Menulis Novel. Peserta  sejumlah 9 orang   tidak hadir satu.  Sebagai narasumbernya  Budi Sarjono (Budsar)     seorang novelis  yang telah melahirkan trilogi novel Prau Layar Ing Kali Code, Prau Layar Ing Kali Opak dan Prau Layar  Ing Kali Progo juga Sang Nyai, 1,2 3 dan banyak lagi. 


Menulis novel menurut Budsar :

"Harus memiliki ide yang diminati, sebagai dasar menulis karna apa yang diminati akan membawa penulis memahami apa yang ditulis, sedang bila hanya  memahami  belum tentu memiliki minat," tuturnya. 


Pelatihan dari pukul 09.30  hingga 14.00. Pelatihan terlihat hidup karena peserta sangat antusias mengikuti terlihat banyak pertanyaan yang  dilontarkan.  Pertanyaan seputar  kiat-kiat menulis novel  yang hasil karyanya  dapat menggiring  rasa penasaran pembaca. Pertanyaan peserta  oleh Budsar dijawab satu persatu dengan gamblang. Dalam pelatihan peserta juga diberi tugas untuk  mencari ide.


Peserta diharapkan dapat membuat novel dengan deadline waktu yang ditentukan diri masing-masing.

Budsar saat menutup mengakhiri pelatihan juga menekankan : "Untuk mencapai target tiap hari harus disiplin selalu menulis, agar pada waktunya tulisan bisa selesai, " jelas  Budsar  yang di kenal pembaca teman   Nyai Roro Kidul. (Riyana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar