Candi Banyunibo Ajang Festival Jamu Gendong - MediaRakyat19. com

Breaking

Jumat, 12 Januari 2024

Candi Banyunibo Ajang Festival Jamu Gendong

Candi Banyunibo ajang Festival Jamu Gendong se Kapanewon Prambanan

Lurah Bokoharjo; Dody Heriyanto,SE.


Sleman (MediaRakyat19.com). Pada bulan Desember  akhir tahun 2023 Candi Banyunibo  berlokasi di  lahan lebih kurang tiga hektar ini  yang terletak di Pedukuhan Cepit, Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan, Kabupaten Sleman, untuk mengenal sebagai moment akhir tahun menggelar Festival Jamu Gendong yang diikuti seluruh Kapanewon Prambanan. Acara ini selain dihadiri dinas terkait dari Kabupaten Sleman juga dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DIY. Demikian disampaikan Lurah Bokoharjo, Dody Heriyanto,SE., di ruang kerjanya pada Kamis, 11 Januari 2024.

Lebih lanjut, Dody Heriyanto menjelaskan adanya festival  kegiatan jamu gendong  ini, sebenarnya untuk seluruh masyarakat  Kapanewon Prambanan  namun  banyak didominasi masyarakat Kalurahan Bokoharjo. Kebetulan Candi Banyunibo ini sangat strategis  karena berhimpit dengan   jalan lintas  Candi Ijo menuju kawasan perempatan Kalurahan Ngalang, Kapanewon  Gedangsari, Kabupaten Gunung kidul. Menurutnya sangat tepat nantinya untuk melanjutkan berbagai kegiatan tidak hanya jamu gendong saja akan tetapi untuk menumbuhkembangkan kreatif para warga khususnya di Kalurahan Bokoharjo dan pada umumnya yang ingin mempunyai andil usaha untuk meningkatkan perekonomian di lingkungan Candi Banyunibo dan sekitarnya.

Selanjutnya, festival kegiatan Jamu Gendong ini yang disajikan antara lain; jamu pilis, jamu kunir asem, jamu perkasa lelaki, jamu pegel linu, jamu penormalan  gula darah, jamu sehabis bersalin, jamu haid tidak teratur, jamu obesitas dan lain lain yang memberikan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh manusia.

Ditambahkannya, bahwa diadakannya festival jamu gendong ini agar tubuh manusia dapat memperoleh kesehatan yang dibutuhkan oleh tubuh, maka perlulah mendapat makanan yang layak, cukup lagi seimbang. Disamping itu dibutuhkan udara yang bersih segar dan mendapat sinar matahari yang cerah terutama di pagi hari untuk memperoleh vitamin D. Makanan yang cukup, layak lagi seimbang ialah: makanan yang memenuhi syarat-syarat yang baik lagi bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Adapun yang dibutuhkan oleh tubuh manusia yang terdapat pada tumbuh-tumbuhan yang mengandung ; unsur gizi yang menyediakan bahan bakar atau memberikan kalori (hidrat-arang, lemak dan protein), unsur gizi yang menyediakan bahan pembangunan dan pemeliharaan sel-sel jaringan dalam tubuh (protein, garam mineral dan air), unsur gizi yang menyediakan zat-zat yang mengatur fungsi alat-alat tubuh (kelompok berbagai jenis vitamin). Demikian jelas Dody Heriyanto,SE. (bidin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar