Pernyataan Sikap Civitas Akademika UPN - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 08 Februari 2024

Pernyataan Sikap Civitas Akademika UPN

Pernyataan Sikap Civitas Akademika UPN "Veteran" Yogyakarta.



YOGYAKARTA (MediaRakyat19.com)

Menjelang hari Pemilihan Umum, tanggal 14 februari 2024 mendatang, Civitas Akademika Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta (UPNYK) menyampaikan   sikap, ketegasan dan posisinya dalam menghadapi Pemilu. bertempat di halaman Rektorat Kampus I, UPN "Veteran" Yogyajarta, Rabu (7/2/2024).


Guru Besar  UPN "Veteran" Yogyakarta Prof.Dr.Ir. Condradus Danisworo ,M.Sc., membacakan dukumen pernyataan Sikap Civitas Akademik UPN "Veteran" Yogyakarta, dengan mengatakan bahwa sebagai kampus bela negara yang didirikan oleh para Veteran pejuang kemerdekaan Indonesia, terdapat dua sesanti UPN "Veteran" Yogyakarta yaitu "Widya Mwat Yasa dan semangat Dharma Eva Hatto Hanti" yang menjadi landasan sikap ini.


Sebagai lembaga  yang didirikan oleh para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia , maka sudah selayaknya kita senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan bangsa , demi terselenggaranya Pemerintahan yang Demokratis berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, tutur Guru Besar Geologi UPN.


Dalam dukumen pernyataan sikap tersebut tersebut terdapat 4 butir pernyataan  yang di sampaikan , Pertama, mengajak segenap komponen bangsa untuk bersatu demi terselenggaranya pemilu  langsung, umum ,bebas , rahasia, jujur dan adil., Kedua , menghargai hak pilih setiap warga negara tanpa intervensi dan provokasi yang dapat memecah belah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mencederai pesta demokrasi., Ketiga, menyeru kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan berita Hoax dan ujaran kebencian yang dapat mengganggu jalannya pemilu.,Keempat menghimbau kepada seluruh warga negara yang mempunyai hak pilih, agar menggunakan hak pilihnya sesuai hati nurani.


Saat berdialog dengan awak media, hal respon UPN "Veteran" Yogyakarta yang dinilai agak sedikit terlambat dalam mendikapi situasi terakhir  jelang pemilu ,sementara kampus lainnya telah menyampaikan pernyatakan sikap, menjawab pertanyaan salah satu awak media tersebut, Profesor Dr. Ir. Condradus, M.Sc, mengatakan UPN "Veteran" Yogyakarta diakui sebagai kampus bela negara, yang tentunya kami  punya semangat nilai-nilai kejuangan dan kami tidak menerima pesanan dari manapun, pernyataan dikap ini adalah murni dari Civitas Akademika UPN "Veteran" Yogyakarta, yang diawali dari usulan dan dibicarakan secara intensive oleh jajaran Senat yang berjumlah 31 orang.


 Anggota Senat UPN "Veteran' Yogyakarta seluruhnya Doktor dan juga profesor, kemudian disampaikan dalam beberapa kali pertemua rapat bersama Senat  dengan para  Guru Besar dan hasilnya seperti Dukumen yang tadi saya sampaikan, jadi bukan terlambat, kita tidak ada istilah terlambat, karena lebih baik melakukan dari pada tidak,tegas Profesor Condradus. 


Mengapa baru tanggal 7 februari (hari ini) disampaikan , kami punya perhitungan,  kita ambil tanggal 7, karena angka  tujuh (7) dalam falsafah jawa yang berarti pitulungan. Diharapkan dengan pernyataan sikap ini, kita mendapat pertolongan dari Tuhan Yang Maha Esa, sehingga Pemilu tahun 2024 ini, berjalan dengan baik dan aman, pungkasnya.


Turut Hadir dalam kegiatan  pernyataan sikap Civitas Akademika UPN "Veteran" Yogyakarta, Jajaran Rektorat, Dosen, perwakilan BEM UPN Veteran , Staf dan Alumni. (bidin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar