Melalui BUMKal Masyarakat Condongtatur Menuju Sejahtera - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 07 Maret 2024

Melalui BUMKal Masyarakat Condongtatur Menuju Sejahtera

Melalui BUMKal Masyarakat Condongtatur Menuju Sejahtera  

Slerman, MediaRakyat19.com Pemerintah Kalurahan Condongcatur telah melakukan sosialisasi pendirian BUMKAL di Pendopo Kromoredjan, Rabu 06/03/2024. Hadir  dalam sosialisasi  Panewu Anom Kapanewon Depok, Kepala Jawatan Kapanewon Depok, Lurah Condongcatur, Pamong, BPKal, Perwakilan Lembaga Kalurahan, Babinsa, Babinkamtibmas, dan Tokoh Masyarakat.

Dalam sambutannya Panewu Anom berpesan bahwa dalam pemilihan tim pelaksana BUMKal sangatlah penting karena nantinya kemajuan BUMKal ini tergantung dari SDM didalamnya.



BUMKal merupakan  Badan Usaha Milik Kalurahan yang memiliki badan hukum dan didirikan oleh Kalurahan guna mengelola usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan jasa pelayanan, dan menyediakan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat di Kalurahan. Hal ini sesuai yang tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No 4 Tahun 2023.

Pendirian BUMKal ini akan melalui beberapa tahapan yaitu sosialisasi dan setelahnya akan dilakukan pembentukan tim perumus yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari Pemkal, BPKal, LKK, Praktisi, Tokoh Masyarakat, Dan Tokoh Akademisi yang bertugas untuk melakukan penyusunan ADART dan anggaran dasar yang akan di masukan dalam MUSKAL dan di rumuskan didalam PERKAL.

Selanjutnya jika telah dilakukan akan dilakukan pengumuman terbuka kepada masyarakat untuk pendaftaran pelaksana BUMKal tersebut.


Dalam pemaparannya Carik Kalurahan Condongcatur, Riska Dian menyampaikan bahwa rencananya badan usaha ini akan diberi bama BUMKal Nyawiji Condongcatur yang akan di bentuk dengan 4 unit usaha yaitu green kayen di bidang wisata, TPST 3R di bidang lingkungan, Pertashop dan CC Mart di bidang ekonomi, serta Klinik Nyawiji dibidang kesehatan.

"Harapan kami dengan dibentuknya BUMKal ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan PAD atau Pendapatan Asli Desa di Kalurahan Condongcatur," ujar riska.


Ketua BPKal Condongcatur Sunarto, pada sambutannya juga menyambut baik BUMKal yang akan di bentuk. "yang utama peraturan daerah harus terpenuhi, selanjutnya kami berharap tim perumus dapat menggali aset atau potensi di kalurahan condongcatur selain 4 tadi apa yang bisa masuk ke dalam BUMKal, dan yang terpenting BUMKal ini dapat memberdayakan masyarakat Condongcatur.

Rencananya Tagline BUMKal akan di launchingkan pada saat hari jadi Kalurahan Condongcatur pada 26 Desember nanti.

(Aang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar