Bimtek Managemen Keuangan Dan Pencatatan Keuangan Usaha (PUPM) UMKM Di Condongcatur - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 06 Juni 2024

Bimtek Managemen Keuangan Dan Pencatatan Keuangan Usaha (PUPM) UMKM Di Condongcatur

Bimtek  Managemen Keuangan Dan Pencatatan Keuangan Usaha (PUPM) UMKM  Di Condongcatur

Sleman, 5/6/2024 MediaRakyat19.com Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Bimtek Managemen Keuangan dan Pencatatan Keuangan Usaha (PUPM) bagi pelaku UMKM di wilayah Kalurahan Condongcatur.  Bertempat di ruang Adibrata Front One Resort Jogja, Rabu 5 /6/2024


Kegiatan Bimtek  diikuti  20 pelaku UMKM Condongcatur,  yang sudah terdaftar dan tergabung dalam Forum Komunikasi (Forkom) UMKM Kalurahan Condongcatur. Peserta Bimtek adalah mereka yang telah memenuhi persyaratan. Persyaratan tersebut  ditetapkan dan telah mengikuti Proses Kurasi oleh Dinkop Kab. Sleman.


Lurah Condongcatur, Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP sebagai Narasumber memberikan Motivasi kepada Peserta Bimtek agar bisa sukses dan lancar dalam usahanya. Yang mana pelaku UMKM setiap harinya pasti menghadapi tantangan.  Sering kali merasa tidak mampu atau takut untuk menyelesaikan tantangan tersebut. Tapi  tidak perlu  takut.  Karena  hal itu  biasa terjadi hampir di setiap bisnis atau wirausaha. 


“Ketika kita mengalami kesulitan, terkadang kita akan tidak fokus dalam menjalani bisnis. Dikarenakan tidak lagi semangat dan termotivasi untuk mengembangkan bisnis kita. Hal tersebut tidak boleh dibiarkan secara terus-menerus karena dapat menghancurkan bisnis Anda untuk kedepannya. Maka perlu mencari bagaimana caranya agar Anda tetap semangat menjalani bisnis dan juga tetap termotivasi. Dengan cara seperti Komunikasi dengan Konsumen, Lakukan Perubahan target.  Ingat kembali alasan awal memulai usaha dan cari inspirasi sesama pelaku" ucapnya. 


 Reno juga menambahkan, kendala atau masalah yang paling dihadapi oleh pelaku UMKM adalah masalah permodalan dan pengelolaan keuangan yang belum baik. Sehingga menyulitkan para pelaku UMKM dalam perolehan kredit/permodalan dari perbankan juga  pemahaman tentang pentingnya manajemen keuangan bagi UMKM yang baik.  Perlu diketahui dan dipahami  cara pembukuan yang baik dan tepat.

9

Selanjutnya peserta Bimtek mendapat materi dan  praktek beserta  contoh  soal studi kasus pembukuan UMKM  yang benar. Pemberian materi oleh Tim Bulaksumur Consunting


Deby Sarvika,  salah satu peserta menyampaikan perasaannya. Sangat senang  telah diadakan Bimtek dengan Materi Keuangan.  Hal tersebut, diakuinya kalau selama ini belum ada Pembukuan yang tertata dalam bisnisnya. Sehingga dengan adanya Bimtek ini menambah ilmu dalam membuat laporan laba rugi dan neraca. Deby berharap,   UMKM Kalurahan Condongcatur dapat semakin maju dalam menjalankan bisnisnya. 


Lien Setyawati sebagai pendamping sekaligus wakil ketua Forkom UMKM Condongcatur,  sangat senang dengan diadakannya Bimtek tersebut. Dikarenakan masih banyak UMKM  lemah di sistem pembukuannya.  Terbukti masih banyak yang belum ada pencatatan keuangan dalam usahanya. Sehingga dengan adanya Bimtek  bisa membantu anggota  UMKM untuk mulai melakukan pencatatan pembukuan keuangan dalam usahanya. Walaupun masih sederhana. Selain itu Lien  juga berharap,   Pelaku UMKM khususnya yang berada diwilayah Condongcatur dengan adanya Bimtek,  mendapat Ilmu dan pemahaman baru dalam managemen Keuangan dan Pencatatan Keuangan Usaha (PUPM). Sehingga usahanya dapat maju dan UMKM naik.  Ekonomi  tancap gas serta sukses kedepanya. (Aang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar