Condongcatur Terbesar Di DIY Dalam Menggangarkan P4GN - MediaRakyat19. com

Breaking

Kamis, 27 Juni 2024

Condongcatur Terbesar Di DIY Dalam Menggangarkan P4GN

Condongcatur Terbesar Di DIY Dalam Menggangarkan P4GN 

Sleman 26/6/2024, MediaRakyat19.com Kalurahan Condongcatur berhasil meraih Juara 1 Lomba Desa bersinar (Bersih Narkoba). Juara 2 diraih oleh Kalurahan Trirenggo Bantul. Kalurahan Bangunjiwo Bantul meraih Juara 3. Sedangkan  Juara Harapan 1 diraih Kalurahan Sariharjo Sleman dan Kalurahan Wososari Gunungkidul meraih juara Harapan 2. 


Penghargaan dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) itu terkait program dan kebijakan Pemerintah Kalurahan dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika. Hal itu  merupakan bentuk pengakuan atas pengorbanan, kerja keras dan semangat Desa / kalurahan dalam menciptakan daya lawan dan daya tangkal terhadap narkoba. Kerja keras tersebut  melalui berbagai upaya dan program yang dilakukan masing masing Desa  /Kalurahan.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Kepala BNNP DIY Brigjen. Pol Andi Fairan , S.I.K, M.S.N  kepada Lurah Condongcatur dan kepada juara desa bersinar lainya.  Penyerahan lenghargaan dilakukan saat  peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2024.  Bertempat di pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman, Rabu, 26/6/2024

“Kalurahan Condongcatur berhasil melaksanakan program pencegahan penyalahgunaan narkotika melalui beberapa indikator. Diantaranya dukungan secara massif terhadap Program Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).  Seperti dengan kebijakan P4GN Pemerintah Kalurahan, Anggaran program P4GN dalam APBkal kalurahan, Media Sosial Kalurahan untuk program P4GN  dan berbagai kegiatan P4GN,  berdasar kearifan lokal yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kalurahan Condongcatur” jelasnya




Tahun 2018 Kalurahan Condongcatur  merupakan kalurahan yang pertama kali dicanangkan sebagai Desa Besinar di Indonesia oleh Kepala BNN. Sejak  dikukuhkan hingga saat ini Kalurahan Condongcatur terus menerus menganggarkaan untuk P4GN terbesar di seluruh DIY sebanyak Rp. 116.000.000,-.


Kalurahan condongcatur kerap menjadi percontohan desa bersinar tingkat nasional.  Condongcatur juga mampu  menuruunkan tingkat kerawanan narkoba melalui berbagai  terobosan diantaranya kebijakan untuk penghuni kos-kosan. Kustini Sri Purnomo,  bupati Sleman,  juga meraih penghargaan Tokoh Publik Penggiat Anti Narkoba terkait partisipasi bupati dalam pencegahan narkoba.

"Karena dengan narkoba, masa depan akan hancur, siapa lagi kalau tidak dimulai dari diri kita, keluarga kita, dan masyarakat kita, hal ini juga perlu bersinergi semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan BNN (Badan Narkotika Nasional) dalam rangka mewujudkan Sleman Bersinar," ujarnya.


Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP selaku Lurah Condongcatur bangga dan mengucapkan terimakasih kepada BNNP DIY, BNNK Sleman, Pamong Kalurahan, Satgas P4GN, Padukuhan bersinar dan seluruh warga masyarakat Condongcatur,  yang selalu mendukung kebijakan dan program pemerintah kalurahan. Salah satunya program kampanye P4GN dengan berbagai bentuk dan kegiatanya.

"Pemerintah Kalurahan Condongcatur mempunyai komitmen yang kuat untuk terus melaksanakan upaya P4GN dengan kegiatan program untuk memerangi peredaran narkoba. Mari kita bersama sama menyelamatkan generasi muda untuk tidak mendekati narkotika karena bahaya dan efek yang ditimbulkan terhadap penyalahgunaan Napza tersebut. Seperti dalam tema peringatan HANI 2024, Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba, Mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba)" ungkapnya (Aang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar