Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Gelar Belajar Matematika Gratis Bagi Anak-Anak Padukuhan Kayen - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 03 Juni 2024

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Gelar Belajar Matematika Gratis Bagi Anak-Anak Padukuhan Kayen

Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Gelar Belajar Matematika Gratis Bagi Anak-Anak Padukuhan Kayen

Sleman, MediaRakyat19.com 2/6/2024. Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta menggelar kegiatan belajar matematika gratis bagi anak-anak Padukuhan Kayen,  bertempat di Joglo Suratno, Kayen, Condongcatur, Depok, Sleman. Minggu 2/6/2024


Sebanyak  6 Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Semester 2, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Matematika (Fina Rizqiyatun Ni'mah, Zupia Anisa, Dzaikra Nabila Ramadhani, Naufal Mundzir Titan, Nurul Nurhayati, Fasya Nur Fauziyah) melaksanakan kegiatan Belajar Matematika gratis 


Fasya Nur Fauziyah, salah satu mahasiswi mengungkapkan kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyelesaikan tugas mata kuliah Kewarganegaraan sekaligus membantu anak-anak untuk mempersiapkan Penilaian Akhir Semester (PAS)

“Kami berharap kegiatan ini dapat menambah pemahaman anak-anak dalam matematika dan lebih percaya diri saat menghadapi PAS.” ucap Nur


Sean dan dua temannya antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berangkat  lebih awal. Kegiatan belajar bersama dibuka dengan permainan anak sambil menunggu  yang belum hadir. Permainan tersebut bertujuan untuk melakukan pendekatan agar akrab dengan anak-anak saat dimulai pembelajaran matematika.

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB. Kegiatan dipandu oleh Naufal.. Setelah sesi perkenalan, anak-anak dikelompokkan  berdasarkan kelas mereka. Kelas 1 dibimbing oleh Nabila, kelas 2 oleh Nurul, kelas 3 oleh Fasya, kelas 4 oleh Naufal, serta kelas 5 oleh Fina dan Zupia.


Salah satu orang tua peserta,  menyatakan rasa terima kasihnya.

“Kami sebagai orang tua sangat bersyukur ada mahasiswa yang mengadakan kegiatan belajar bersama, kami berharap semoga kedepannya dapat mengajar anak-anak SMP dan SMA di sekitar sini karena kami sudah kebingungan untuk memahami materi anak SMP dan SMA.” ucap Arif Budiman salah satu orang tua  peserta.


Kegiatan ini melibatkan anak-anak Kayen kelas 1-5 dari berbagai SD yang ada di sekitar. Peserta mendapat fasilitas lengkap seperti snack, alat tulis dan doorprize. Semua fasilitas disediakan oleh para mahasiswa secara gratis dengan biaya patungan dari para mahasiswa.


Dzaikra Nabila Ramadhani mahasiswa yang juga warga Kayen beserta temannya, terlebih dahulu mengajukan   izin kepada Ketua RW 45 Kayen untuk mengadakan kegiatan dan  menggunakan Pendopo Suratno yang memang digunakan  untuk berbagai kegiatan masyarakat. Para mahasiswa semula  memperkirakan anak-anak yang datang  berkisar dua puluhan, namun ternyata yang datang lebih dari itu.


Dzaikra yang mengambil  program studi Pendidikan Matematika angkatan 2023 berkomitmen untuk terus berkontribusi positif bagi masyarakat.  Terutama dalam bidang pendidikan. Kegiatan belajar matematika ini menjadi salah satu wujud nyata dari komitmen tersebut. Mereka berharap dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda untuk selalu belajar agar studinya menjadi lancar dan belajar dengan menyenangkan. (Aang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar