Penyembelihan Qurban di Polda DIY - MediaRakyat19. com

Breaking

Rabu, 19 Juni 2024

Penyembelihan Qurban di Polda DIY

 Penyembelihan Hewan Qurban di Lingkungan Polda DIY


                      AKP. Arif Darmawan

Sleman (mediarakyat19.com).

Polda DIY berkaitan dengan tibanya Hari Raya Qurban 1445 H/2024 M selain memuja dan memuji Allah Ta'ala dalam bentuk sholat 'Idul Adha,  dzikir dan takbir, juga melaksanakan penyembelihan qurban, berwujud penyembelihan binatang ternak menurut hukum Islam yang telah ditetapkan. Qurban, yang berarti "pendekatan" , maksudnya, dengan menyembelih binatang qurban itu, kita telah berbuat sesuatu yang mendekatkan diri kita kepada ridla Allah dan rahmat ampunannya. Bagi yang berniat dan mampu dengan mengorbankan harta yang  dipergunakan untuk membeli kambing, sapi, dan domba, baginya telah berbuat sesuatu yang diridlai Allah, yang kemudian hewan yang  disembelih, dan dagingnya selain sebahagian  dimakan, sebagian juga dibagikan kepada fuqoro' wal masakin atau yang membutuhkan dilingkungannya. Dan pemberian daging  qurban ini tanpa terkecuali tidak memandang suku, ras, golongan ataupun itu muslim ataupun non muslim, sehingga terasa benar bagi mereka akan kenikmatan dan keagungan Hari Raya 'Idul Adha. Demikian disampaikan Ketua Panitia Qurban 'Idul Adha Polda DIY, AKP. Arif Darmawan, di halaman masjid Babussalam Polda DIY, pada Selasa, 17 Juni 2024.

AKP. Arif Darmawan,  menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan penerimaan, penyembelihan hewan qurban dan pendistribusian adalah sebagai berikut; mengenai penerimaan hewan sapi berasal dari;  Kapolda DIY 4 ekor, Wakapolda DIY  2 ekor, Irwasda Polda DIY 1 ekor, Biro Perencanaan 1 ekor,  Ditsamapta  2 ekor, Ditpolairud 1 ekor, Ditbinmas 2 ekor, Satbrimob  6 ekor, Ditreskrimum  2 ekor, Ditresnarkoba 2 ekor, Ditintelkam 2 ekor, Ditreskrimsus 2 ekor, Ditlantas  2 ekor,  Ditpropam 1 ekor. Sejumlah hewan sapi tersebut sejak 16 Juni 2024 sudah berada di Mapolda DIY ditempatkan di halaman parkir Polda DIY.

Adapun penerimaan hewan kambing berasal  dari;  Biro Perencanaan 2 ekor, Ro SDM 2 ekor,  Ditpolairud 4 ekor, Ditbinmas 2 ekor, Satbrimob 4 ekor. 

Selanjutnya dari Polres/TA jajaran Polda DIY hewan Qurban terdiri dari; SPN Selolamiyoro 6 ekor kambing; Polresta Yogyakarta 2 ekor sapi 23 ekor kambing; Polres Sleman 2 ekor sapi 1 kambing; Polres Kulon Progo 30 kambing; Polres Bantul 1 ekor sapi, 7 kambing; dan Polres Gunung Kidul 3 ekor sapi, 1 kambing. 

Selanjutnya mengenai pendistribuan baik berupa hewan sapi maupun kambing, pihaknya, menjelaskan diantaranya; ke Masjid Babussalam Polda DIY, Ponpes Al Munawir Krapyak, Bantul, SLUM Area, Ponpes Cibuk; PA Nur Ulfia, Tempel, Sleman, LKSA Darul 'Ulum, KP., Masjid Al Muttaqin, Kelor, Kemadang, Tanjungsari, GK., PPTQ Dzikrul Qolbi Sentolo, KP., Ponpes As Siddiqiyah, Kokap, KP., Yakatunis Yogyakarta, Aspol Gowok, Caturtunggal, Depok, Sleman, Masjid Darussalam Aspol Paingan, Aspol Ditpolairud, Masjid Baiturrahim, Semanu, GK., Rumah Singgah Bumi Damai, Kota Gede Yogyakarta, PA Sabilussalam-Baturetno-Banguntapan-Bantul, Ponpes Bener, Tegalrejo, YK., dan PP Litahfidzil Qur'an II Wadirosah Al Fithroh, Sedayu, Bantul.

Harapan ke depan diadakannya Sholat 'Idul Adha dan sekaligus adanya penyembelihan hewan qurban ini adalah bahwa pengorbanan harus dilandasi, Pertama: dengan rela dan  ikhlas tanpa paksaan dan dipaksa seperti yang telah dicontohkan antara nabiyullah sayyidina Ibrahim dengan putranya Isma'il, saat melakukan penyembelihan terhadap Isma'il; Kedua: meningkatkan Iman dan taqwa kepad Sang Khaliq, Ketiga: menumbuhkembangkan rasa solidaritas antar sesama ummat manusia, Ketiga: menjalin persatuan dan kesatuan agar selalu terjalin hubungan yang harmonis dan dinamis. Demikian harapnya.



               Kiri: Aipda Agus Wahyuno. 

        Kanan: Iptu Ombang Siswoyo, SH.


Selanjutnya masih  mengenai pelaksanaan  qurban yang berada di Polres Sleman, dari Media Rakyat 19.com menemui Pengurus Takmir Masjid di Polres Sleman, Adapun Ketua Takmir,  Iptu Ombang Siswoyo,SH., didampingi Wakil Ketua Takmir, Aipda Agus Wahyuno, di serambi Masjid Polres Sleman pada Senin 17 Juni 2024.

Ketua Takmir, Ombang, menjelaskan bahwa pelaksanaan sholat 'Idul Adha yang dilaksanakan pada hari Senin Kliwon, 17 Juni 2024 ini, dan dilanjutnya penyembelihan hewan qurban sapi ada 2 ekor sapi (1 dari Kapolresta Sleman, dan 1 dari PJU Sleman), 1 kambing 1 Reg Iden. 

Adapun pendistribusiannya diantaranya, kepada: PHL tenaga kebersihan 33 orang, warga 25 orang, Sopir dan ajudan 12 orang, bagian SPK dan kawan kawan 38 orang, panitya 9 orang, proposal ada 9 permintaan.

Harapan dari ketua takmir semoga dengan adanya hari Qurban ini mudah-mudahan bermanfaat baik kepada anggota dan warga masyarakat sekitarnya. Demikian harap Ombang.



          Kiri: Pranoto.  Kanan: H. Dartim.


 Selanjutnya, pada hari yang sama dalam suasana qurban dilanjutkan di Ditlantas Polda DIY, di sana menemui Ketua Takmir "At Taqwa" H. Dartim, didampingi Wakil Takmir Mesjid "At Taqwa" Pranoto, di halaman masjid tersebut.

H. Dartim, berkaitan dengan pelaksanaan Qurban ini menjelaskan, bahwa pelaksanaan qurban di tahun 2024 ini berjumlah 4 ekor sapi dan 11 ekor kambing. Pihaknya mengucapkan alhamdulillah karena di tahun ini mengalami peningkatan. 

Selanjutnya pendistribusian daging qurban ini disalurkan di beberapa RT dilingkungan Ditlantas Polda DIY dan beberapa ponpes. Adapun pendistribusian ke RT-RT, antara lain; RT 31, RT 33, RT 34 dan melebar ke RT 22. Mengenai jumlah warganya tiap-tiap RT bervariasi. Untuk pendistribusian ke Ponpes yakni; ke Ponpes "Miftahul Jannah" Mlangi dan Ponpes Yayasan "Imam Soebarno". Mengenai kulit dan kepala baik dari hewan sapi maupun hewan kambing disedekahkan di pembangunan masjid "Al Istiqomah". 

Harapan H. Dartim., dengan adanya hari besar 'Idul Adha ini dapat menimbulkan suasana disamping meningkatkan iman dan taqwa, antar warga bisa ngguyu (tertawa-pen) bareng, dan menjalin kebersamaan warga masyarakat pada umumnya. Demikian harap H.Dartim. (bidin).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar