PRA HANI 2024 Diawali dengan Gowes Bareng BNNP DIY Dan Algojo - MediaRakyat19. com

Breaking

Minggu, 16 Juni 2024

PRA HANI 2024 Diawali dengan Gowes Bareng BNNP DIY Dan Algojo

          PRA  HANI 2024            Diawali dengan Gowes Bareng BNNP DIY Dan Algojo

Gowes Algojo Star   
Dari Halaman Kalurahan Condongcatur


Sleman, 15/6/3024 MediaRakyat19.com      Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY bersama Komunitas Sepeda Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO) menyelenggarakan kegiatan Gowes Bersinar dengan titik start di Kalurahan Condongcatur Depok, Sleman, Sabtu,15 /6/ 2024


Ketua Panitia Gowes Bersinar, Arief Darmawan yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pemberantasan dan Intelijen BNNP DIY menjelaskan Kegiatan bersepeda ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Anti Narkotika Internasional Tahun 2024. Kegiatan tersebut  mengangkat tema Masyarakat Bergerak, Bersama Melawan Narkoba Mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba)

“BNNP DIY menggandeng Komunitas Antar Lintas Gowes Jogja (ALGOJO),  Lembaga dan instansi di DIY serta masyarakat umum. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan visi BNN RI yaitu Indonesia Drug Free 2024.  Dengan salah satu misinya untuk meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap ancaman bahaya narkoba, sehat jasmani dan rohani dalam rangka menyongsong Indonesia Emas 2045 khususnya di wilayah DIY” jelas Arief.


Sementara Kepala BNNP DIY, Andi Fairan, S.I.K., M.S.M. menyampaikan salah satu upaya dalam mencegah peredaran Narkoba yang ada di wilayah DIY yaitu, melalui kegiatan kampanye P4GN  melalui olahraga bersepeda. Bertujuan untuk memobilisasi dukungan masyarakat luas  ikut prihatin terhadap para korban penyalahgunaan narkoba serta membangun komitmen bersama dan terus berupaya melakukan  pencegahan dan pemberantasan terhadap segala bentuk penyalahgunaan serta peredaran narkoba.

Gowes dilaksanakan sebagai bagian kegiatan praHANI 2024.  Sementara acara puncak akan dilaksanakan pada saat upacara peringatan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman pada tanggal 26 Juni 2024. 


Pembina Algojo yang juga  Lurah Condongcatur,  Reno Candra Sangaji, S.IP, M.IP.  menuturkan bahwa kegiatan gowes bareng merupakan salah satu agenda rutin Algojo, setiap Sabtu Pon. Jadwal gowes bareng juga dilaksanakan pada Sabtu Legi, Jumat Pon serta Gowes Reboan.


Reno juga mengatakan: “Ada yang istimewa pada hari ini karena gowes bareng digabungkan dengan Gowes Bersinar (Bersih Narkoba). Yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) DIY. Kegiatan bersepeda dalam rangka menyambut Hari Anti Narkoba Internasional  (HANI ) 2024.” 


Reno  juga menambahkan, kegiatan gowes  sudah menjadi semacam ikon bagi Kalurahan Condongcatur. Apalagi setelah Condongcatur dinobatkan sebagai Desa Bersinar oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) RI pada 2018. Kalurahan Condongcatur merupakan Desa Bersinar yang pertama kali saat itu di DIY.  Sehingga sampsi  saat ini terus menjalin kerjasama.  Dengan BNN Kabupaten Sleman maupun dengan BNN Provinsi DIY.

Ganjar Bersama  Para Anggota Gowes Algojo 


Kerjasama terkait program kalurahan atau Desa Bersinar. Program berupa merupakan  pelaksanaan berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut mencakup penyuluhan bahaya narkoba, kampanye anti narkoba, perayaan HANI,  termasuk kegiatan gowes bareng.


“Bersepeda adalah olahraga yang digemari masyarakat. Karena itu kami merangkul para penggemar gowes untuk ikut bersama-sama kampanye mengusung tema anti narkoba, memberi pemahaman kepada masyarakat pentingnya hidup sehat tanpa Narkoba,” imbuh Reno

Gowes bersinar kali ini menarik, beda dari biasanya.  Karena  Mantan Gubernur Jawa Tengah dan mantan Capres 2024, Ganjar Pranowo.  Ganjar  saat ini sudah menjadi warga Sleman dan rutin mengikuti Gowes Reboan di Pos Pakem


Start gowes dari halaman balai kalurahan Condongcatur menuju Tugu Jogja.  berhenti sejenak mengambil gambar (Foto Sport).  Selanjutnya melewati Malioboro dan berhenti di Titik 0 KM untuk mengambil Foto Sport ke 2 dengan membentangkan spanduk. Lalu menuju tempat Finish di kantor BNN DIY disana disediakan snack minum, yang diramaikan dengan  hiburan musik.

Gowes Algojo Di Titik 0 Km

Menurut Giyanto Ketua Algojo, setelah  Finish dan Transit di Kantor BNNP DIY Goweser Algojo melanjutkan gowes ke Sunggupan Sedayu, Bantul ditempat Mbah Kukuh.  Hal ini  merupakan salah satu acara rutin  Gowes Sabtu Pon yang menempuh jarak kurang lebih 25 KM, dan bersilaturahmi ke rumah anggota yang berasal dari wilayah DIY. Dan Gowes hari  ini silaturahmi ke rumah Kukuh yang selain   pengurus juga anggota Algojo. 


Giyanto mengatakan bahwa, bersepeda merupakan olahraga yang digemari semua usia. Anak muda hingga orang tua. Peserta gowes bareng Algojo Sabtu Pon tidak hanya anak muda. Tak sedikit peserta gowes dari kalangan lansia berusia 70-an tahun yang masih  kuat fisik mengayuh sepeda dari  start, transit di Kantor BNNP DIY, dan lanjut sampai  Sungapan Dukuh Argodadi Sedayu Bantul. (Aang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar