Perkemahan Santri Tahun Baru 1446 H Condongcatur Di Green Kayen - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 08 Juli 2024

Perkemahan Santri Tahun Baru 1446 H Condongcatur Di Green Kayen

 Perkemahan Santri Tahun Baru 1446 H Condongcatur Di Green Kayen


Sleman, 6/7/2024 MediaRakyat19.com. Forum TPA Kalurahan Condongcatur menyelenggarakan Santri Camp 2024 berlokasi di Green Kayen Condongcatur, 6 - 7 Juli 2024


Pembukaan acara "Perkemahan Santri Tahun Baru 1446 H" oleh Reno Candra Sangaji Lurah Condongcatur didampingi Kamituwa.  

Hadir pula Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Condongcatur, Ketua Masjid Nurul Hidayah Kayen (NHK) dan tamu undangan lainnya. 


Dalam sambutannya Reno Candra Sangaji mengapresiasi kegiatan perkemahan santri yang baru pertama kali dilaksanakan dan berharap agar semua TPA-TPA Masjid di Condongcatur kedepannya dapat mengikuti kegiatan tersebut. Beliau berharap agar masjid juga memperhatikan santrinya untuk berbagai kegiatan TPA. Hal tersebut untuk mempersiapkan generasi muda yang berakhlakul karimah.


"Kegiatan berkemah memiliki beberapa tujuan seperti untuk penguatan iman dan taqwa. Pengembangan karakter melalui kegiatan permainan, diskusi kelompok, dan tanggung jawab bersama. Santri belajar nilai-nilai seperti: kerja sama, disiplin, kemandirian, dan kepemimpinan" ungkapnya. 


Berkemah bagi Santri juga sebagai Pendidikan dan Pembelajaran. Karena dengan Berkemah dapat melibatkan sesi belajar tentang agama, lingkungan, keterampilan. Bertahan hidup, dan keterampilan sosial yang tidak selalu diperoleh di ruang kelas. Selain itu juga sebagai Peningkatan Ukhuwah. Meningkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan antar santri melalui interaksi dalam kegiatan bersama dan sebagai wahana rekreasi dan penyegaran karena di samping pendidikan dan pengembangan diri. Berkemah juga memberikan kesempatan bagi para siswa untuk bersantai, menikmati alam, dan melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari.


Suyitno, Ketua Forum TPA Condongcatur, menjelaskan kegiatan tersebut dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1446 H.



"Di Condongcatur ada 40 Masjid yang telah bergabung dalam Forum TPA Condongcatur. Tetapi yang bisa mengikuti baru 16 Masjid. Dengan jumlah peserta 80-an santri yang mengikuti Santri Condongcatur Camp tahun 2024 ini" jelasnya


Kegiatan tersebut didukung penuh oleh Kalurahan Condongcatur. Juga dari berbagai pihak seperti DMI, BMT Al Ikhwan, Pamela, RSCC, Lazismu, masjid NHK, remais NHK, UTY, kos Park and Park dan pihak lainnya.



Widayat Hadi Kusuma

Ketua Panitia Santri Camp Tahun Baru Islam 1446 H, mengatakan: kegiatan ini bertema "Enviro Hero." Yang bermakna dan bertujuan menanamkan kecintaan pada lingkungan dalam diri santri-santri. Dalam kegiatannya terdapat berbagai kegiatan menarik bagi para santri. Antara lain: Permainan, malam keakraban, tadarus bersama, shalat berjamaah, senam, dan lain sebagainya.


"Kegiatan santri camp pada malam hari adalah Api Unggun dan pentas seni masing-masing kelompok. Selanjutnya Sholat Tahajud, Muhasabah akhir tahun, sholat subuh, dzikir, doa, dan Kultum (Fisik). Pagi dilanjutkan dengan senam dan jelajah alam, kunjungan budidaya ikan koi di Zakura Koi dan Sejarah Tugu Lele Kayen" jelasnya.



Sementara Pokdarwis/Ketua Pengelola Green Kayen, Dadang Hermawan menjelaskan Green Kayen meski perlahan tapi pasti, akan terus berkembang. Didukung oleh berbagai pihak. Baik Pemerintah, Masyarakat maupun Swasta



Dadang dalam Salamnya menjelaskan bahwa: Pembangunan Mushola dilanjutkan dengan pemasangan Keramik Pendopo Green Kayen. Saat ini Fasilitas Green Kayen ada 6 Kamar Mandi / WC sehingga kedepannya bisa dikembangkan untuk tempat Camping / berkemah oleh Komunitas maupun anak sekolah. Baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Ditempat itu juga ada angkringan yang siap menemani pengunjung bersantai. Pengunjung dapat menikmati kopi maupun teh hangat dengan pemandangan Hutan Kayan yang alami dan udara segar yang dipenuhi kicauan burung di pagi hari. Kedepannya direncanakan pembangunan lapak-lapak semi permanen. Untuk berjualan aneka kuliner dan cinderamata. Semua itu bantuan dari Prmerintah. (Aang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar