Perwakilan Dari 15 Pesantren Malang Ikuti Sosialisasi Air Hujan - MediaRakyat19. com

Breaking

Sabtu, 14 Oktober 2023

Perwakilan Dari 15 Pesantren Malang Ikuti Sosialisasi Air Hujan

 Perwakilan Dari 15 Pesantren Malang Ikuti Sosialisasi Air Hujan 


Malang, 14/10/ 2023 MediaRakyat19.Com

Air hujan memiliki peranan penting bagi kelangsungan hidup di bumi. Selain sebagai sumber air minum,  menghasilkan energi listrik dan  menjaga kesuburan tanah. Namun hujan juga  sebagai salah satu penyebab banjir. Terutama di daerah yang  resapan airnya sangat minim.


Mayoritas pesantren  membutuhkan air cukup banyak, untu memenuhi  kebutuhan santri maupun aktifitas  di dalamnya. Banyak pesantren yang  bermasalahan terkait air,   secara kuantitas maupun kualitas. Kualitas air yang rendah ini menjadi salah satu pemicu  penyakit kulit, gatal-gatal  banyak ditemui di beberapa pesantren.


Belum lagi secara kuantitas , banyak pesantren yang masih terkendala  dengan akses air bersihnya. 

Sabtu 14 Oktober 2023 atas inisiasi Devi dari Exensia Surabaya menghadirkan  Sri Wahyuningsih, S. Ag (Yu  Ning) sebagai founder Sekolah Air Hujan untuk menyampaikan pemahaman, pemanfaatan air hujan.  Air yang melimpah  di turunkan Sang Pencipta untuk penduduk bumi belum dikelola dengan baik.  Untuk mengatasi  permasalahan air bersih, termasuk  yang terjadi di pesantren-pesantren di negeri ini.



Dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang air hujan kepada para pengurus, asatid di Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Tlogomas, Lowokwaru, yang diasuh oleh Prof. Dr. Ir. Muhammad Bisri, MS, IPU.  yang juga  Rektor UB ke-12 periode 2014-2018 mengundang beberapa perwakilan dari 15 Pesantren. se Malang Raya.



 Dalam pertemuan tersebut  mengambil  tema "Sosialisasi Cerdas dengan Air Hujan". Hujan yang  selama ini dikambing hitamkan sebagai penyebab  bencana banjir, longsor, bahkan sebagai sumber penyakit. Dalam kesempatan istimewa tersebut  Yu Ning menjelaskan secara detail bagaimana  merubah cara pandang kita dalam menyikapi air hujan yang turun di muka bumi ini.


Air hujan dinilai sebagai penetral yang baik untuk darah serta sel-sel tubuh. Inilah alasan mengapa air  hujan disebut sebagai antioksidan. Penderita kanker dianjurkan untuk meminum air pada hujan murni pada musim hujan pertama dalam jumlah yang banyak. Dikarenakan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Air  hujan adalah air terbaik dan paling murni yang bisa didapatkan. Meminum air  hujan ternyata memiliki manfaat, namun tentu saja kita  perlu memahami bahwa tidak semua air hujan memiliki manfaat yang luar biasa.



Hujan yang dapat digunakan untuk kesehatan salah satunya adalah air  hujan yang turun di lingkungan yang bersih..Sehingga massa pengotor di dalam air  hujan tersebut  sedikit. Sebaliknya  bila hujan turun di daerah yang lingkungannya tidak bersih, akan terdapat massa pengotor di dalamnya.


Maka dari itu   Sri Wahyuningsih, S. Ag menyampaikan secara detail Konsep 5 M (menampung, mengolah, minum, menabung, mandiri).   Yang utama adalah niat dan mau melakukannya.  Diharapkan  dari 15 perwakilan  pesantren dapat segera merealisasikan hasil dari apa yang didapat dari pengetahuan ini.

(Ali Mohtar, Riyana)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar