- MediaRakyat19. com

Breaking

Jumat, 08 Januari 2021

 Jum'at Gumregah, Sedekah, Barokah dan Peduli Sesama



Rutinitas tempat pengambilan bahan sembako dijaga oleh ibu ibu setempat.




Bantul, (Media Rakyat.Co.id). Sampai sekarang setiap hari Jumat sejak adanya pandemi Covid-19 merajalela ke seantero dunia yang diawali oleh Pemerintah dan pihak  terkait memberikan bantuan sosial, maka Pedak Baru, Pedukuhan Karangbendo, Kalurahan Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY warga setempat dengan semangat kebersamaan dan kerelaan   juga  ikut berpartisipasi  mengadakan Jumat Grumegah, Sedekah, Barokah dengan memberikan bantuan bahan sembako kepada warga yang membutuhkan untuk mengambil sendiri  pada tempat yang sudah disediakan secara rutin. Demikian disampaikan Ketua Jumat Gumregah Sedekah, Muryani Sultan Barir, saat ditempat pengambilan sembako, pada Jumat, 8 Januari 2021.

Lebih lanjut, Muryani, menjelaskan bahwa adanya pembelian  bahan sembako adalah dari donatur para warga setempat yang diterima  pada Kamis malam, dan Jum'at pagi di belanjakan, sehabis belanja bahan sembako tersebut dikemas  oleh para pengurus. Setelah selesai pengemasannya pengurus mengumumkan kepada warga yang membutuhkan untuk mengambil bahan sembako tersebut. 

Adapun nilai adanya Jum'at Gumregah, Sedekah ini, Muryani, menjelaskan kepada warga bahwa; "bersedekah di jalan Alloh dan berjuang dengan harta menunjukkan gejala yang paling tepat dari kesehatan jiwa.  Juga sebagai sarana pendidikan jiwa agar menyukai kebaikan. Maka bagi mereka yang suka memberikan anjuran ke arah kebaikan sudah sepantasnyalah suka mengorbankan sebahagian hartanya. Sebab suka memberi termasuk kedermawanan  jiwa. Sedangkan kebakhilan menunjukkan kesakitan dan kesempitan jiwa. 

Diharapkan adanya Jum'at Gumregah, Sedekah ini, Muryani, mengajak kepada seluruh warga Pedak Baru  tak terkecuali untuk mengusahakan rutinitas menyediakan bantuan bahan sembako di setiap hari Jum'at. Demikian harapnya. (bdn/adn)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar