Kiri: Nur Haryanti. Kanan: Badrun - MediaRakyat19. com

Breaking

Jumat, 25 Oktober 2019

Kiri: Nur Haryanti. Kanan: Badrun

Desa Seloharjo Tingkatkan Pembangunan



Bantul (mediarakyat.co.id). Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Propinsi DIY dengan adanya dana desa dari pemerintah kegunaannya yang enampuluh (60) persen dialokasikan ke sektor pembangunan sedang empatpuluh (40) dialokasikan untuk pemberdayaan kegiatan masyarakat. Demikian disampaikan Kepala Desa Seloharjo, Badrun, didampingi Kasipem, Nur Haryanti di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.
Dari dana desa sejumlah enampuluh (60) persen tersebut, Badrun, menjelaskan diantaranya untuk cor blok, bangket talud MCK 15 tempat, renovasi gedung, RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sepuluh (10) lokasi. Untuk RTLH dari sejumlah lokasi tersebut juga mendapat bantuan dari Pemkab Bantul dan dari Pemprop DIY. Adapun dana yang 40 persen dialokasikan untuk pemberdayaan kegiatan kemasyarakatan yang berada di desa setempat.
Karena pemerintah desa sebagai motivator maka mengenai penggunaan dana  yang dilokasikan ke sektor pembangunan maupun untuk kesejahteraan masyarakat, ia menjelaskan bahwa dana tersebut secara transparan langsung diterimakan kepada warga masyarakat di 16 pedukuhan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing masing.
Selanjutnya harapan ke depan untuk tahun 2020 direncanakan anggaran dana desa nantinya tujuhpuluh (70) persen untuk pemberdayaan masyarakat, sedang yang tigapuluh (30) persen dialokasikan untuk pembangunan. Demikian harap Badrun kepada Media Rakyat. (adn/bdn)