Menikmati Panorsma 5 Gunung Dari Plataran Panca Arga Ketep Pass* - MediaRakyat19. com

Breaking

Senin, 10 Juli 2023

Menikmati Panorsma 5 Gunung Dari Plataran Panca Arga Ketep Pass*

 *Menikmati Panorsma 5 Gunung Dari Plataran Panca Arga Ketep Pass*

   Obyek Wisata Ketep Magelang

Magelang Mediarakyat19.com, Sabtu 8/7/2023 kami awak Media Rakyat  merasa bernasib baik. Setelah melalui perjalanan hampir satu setengah jam dari Yogyakarta menyusuri jalan menuju Wisata  Ketep Pass Magelang  dapat bertemu dengan Mul Budi Santosa Direktur Ketep Pass dan Edward Afian  Kepala Bagian Promosi. Afian  yang asli Njimoyo, Muntilan, ditengah-tengah kesibukannya  dengan ramah  menemui kami berbincang-bincang di kantornya. Afian juga aktif di Forum Datar  (Datar Wisata) Wisata. Juga selaku Ketua Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Kedu.

Saat itu sekitar pukul 10.00 WIB, sudah ramai  pengunjung. Selesai berbincang kami awak Media Rakyat mengelilingi lokasi . Wisata Ketep Pass yang memang luar biasa. Pemandangan asri dan udaranya yang sejuk membuat betah berlama-lama disitu. Saat di Plataran Panca Arga,  alam gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing dan Slamet dapat kita nikmati sekaligus.

Hebatnya lagi pegunungan Telomoyo, Andong

, Dieng dan perbukitan menorehpun dapat kami nikmati. 

Objek wisata Ketep Pass yang dibangun tahun 2019 diatas tanah milik Pemkab. Dulu hanya merupakan rest area, lalu dibangun Gardu pandang (GP). Dalam perkembangannya karna banyak pengunjung lalu oleh Pemerintah Desa melakukan pengelolaan parkirnya.  Wisata Ketep Pass  diresmikan pada 17/10/2002 oleh Megawati Sukarno Putri yang saat itu sebagai Presiden Republik Indonesia. Ketep dengan kesejukan udara dan keindahan panoramanya oleh H. Mardiyanto saat itu sebagai Gubernur Jawa Tengah, memprakarsai untuk mengembangkan bukit ini menjadi lebih potensial serta dapat menjadi tujuan wisata di jalur Selo-Solo-Borobudur (SSB) dengan ciri khas wisata kegunungapian.

Selain gardu pandang, disana juga ada museum Vulcanologi.  Pengunjung dari museum dan kita bisa  mendapatkan banyak informasi mengenai Gunung Merapi. Miniaturnya juga dapat kita lihat disitu. Selain itu juga ada komputer interaktif, yang berisi tentang info  kegunungapian, bebatuan yang dihasilkan letusan dari tahun ke tahun. Terpampang juga poster Puncak Garuda yang cukup besar  sebagai Poster peringatan dini lahar gunung Merapi. 

Di Ketep Pass juga ada    bangunan  berdinding kaca diatas Volkano Theatre, dimana orang pengunjung dapat nenikmati makanan khas Ketep. Ketela dan pisang gorengnya enak, cocok dengan udaranya yang dingin. Pengunjung juga dapat nenikmati jagung bakar dan wedang jahe diwarung sebelah kiri. Pengunjung sampai lokasi  sudah disuguhi pemandangan dagangan penduduk sekitarnya digelar bejajar ditepian jalan  yang siap untuk oleh-oleh. Area parkirnya luas. Pengunjung tidak perlu berjalan jauh menuju lokasi. Udara segar pemandangan pertanian dibukit sekitar yang hijau,  jalan yang tidak ekstrim dan dapat dilalui kendaraan kecil maupun bis besar  menuju lokasi. Dengan ketela dan pisang gorengnya serta wedang jahenya yang hangat, membuat pingin datang lagi ke Ketep Pass. *Ali Riyana*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar